Serapan Beras Bulog Melonjak 70% – Upeks.co.id
ANEKA

Serapan Beras Bulog Melonjak 70%

Dampak Penetapan HET

MAKASSAR,UPEKS– Serapan beras Bulog Sulselbar terus melonjak setelah Harga Eceran Tertinggi (HET) berlaku 1 September lalu. Lonjakan serapan beras di tingkat petani mencapai 50 hingga 70%.

Bambang, salah seorang mitra Bulog Sulselbar, mengaku, setelah kebijakan HET beras berlaku awal September ini, para petani ramai-ramai memasukkan hasil panennya ke gudang Bulog. Padahal menurut dia, sebelum penetapan HET berlaku pihaknya hanya mengumpulkan sekitar 300 ton beras milik petani. Tetapi sekarang, penyerapan beras bisa di atas 500 ton.

Tingginya animo petani, kata dia, karena penerapan HET sudah sangat menguntungkan petani dan konsumen, apalagi karena adanya kepastian harga.

“Sebelum ada HET, kadang ada kecemasan petani soal harga yang dipotong. Karena itu, sebelum ini mereka banyak yang lari ke pasaran umum. Tetapi sekarang, karena HET ini mereka lebih memilih jual ke Bulog,” urainya.

Sementara itu, Kepala Kodim 1405 Malusetasi, Letkol Syarifuddin, mengatakan, sebagai mitra, pihaknya terus membantu Bulog Sulselbar meningkatkan serapan beras dari petani, termasuk mensosialisasikan penerapan HET.

Sedikitnya puluhan Babinsa dikerahkan untuk mendorong petani menjual beras ke gudang-gudang Bulog. Toh, Bulog adalah representasi pemerintah dalam menjaga stabilitas pangan. “Kami turun langsung ke lapangan meyakinkan petani, menjual beras ke Bulog untuk stabilisasi harga,” katanya.

Kepala Divisi Perum Bulog Sulselbar, Dindin Syamsuddin sendiri mengakui, penetapan HET beras tujuannya untuk melindungi konsumen dari fluktuasi harga pangan. Peningkatan harga beras, selain dipicu penetapan HET, juga dipengaruhi adanya fleksibilitas harga.

Dindin pun memastikan, penetapan HET beras tidak akan berpengaruh pada serapan Bulog Sulselbar. Toh, harga yang ditetapkan memang sudah diperhitungkan merupakan yang paling aman bagi seluruh pihak. Jika pun terjadi gejolak harga, Bulog siap melakukan operasi pasar, bergantung perintah dari pusat.(eky/rif)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top