Syarat Usungan Parpol Basmin Cukup – Upeks.co.id
PARLEMENTARIA

Syarat Usungan Parpol Basmin Cukup

 

MAKASSAR, UPEKS — Bakal calon bupati Kabupaten Luwu, Basmin Mattayang dipastikan siap bertarung di Pilkada 2018 mendatang. Itu setelah syarat usungan partai politik (parpol) Basmin sudah cukup, yakni tujuh kursi dari tiga parpol.

Diketahui, Basmin sudah mengantongi rekomendasi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang mengontrol empat kursi di DPRD Luwu. Kemudian Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dengan dua kursi, serta Partai Bulan Bintang (PBB) satu kursi.

Ketua OKK DPP PKPI Sulsel, Muhammad Arqam menyatakan, rekomendasi PKPI untuk Basmin Mattayang belum diserahkan. Alasannya, Basmin masih harus memastikan pasangan atau calon wakilnya.

“Syaratnya itu, harus memenuhi pasangan. Kami di PKPI tentu ingin menjadi motor utama pemenangan di Pilkada Luwu. Karena kami tidak mau ketinggalan momen,” terang Arqam, kemarin.
Menurut Arqam, kalau dilihat tren survei sangat jelas Basmin jauh melewati kandidat lain. Apalagi tidak bisa dipungkiri Basmin sudah tiga kali bertarung di Pilkada.

“Bahkan di periode pertamanya berhasil unggul. Memang tim Basmin solid dan intens berkomunikasi dengan partai politik lain. Makanya Ketua DPP PKPI (Suzanna Kaharuddin) mengarahkan ke Basmin,” ungkapnya.

Terkait soal pasangan Basmin, Arqam berharap partainya dilibatkan dalam penentuan nantinya. Apalagi ada kader PKPI yang duduk di DPRD Luwu meski nantinya dikembalikan pada kesiapannya.

“Kita harap yangg diambil pasangan bisa memenangkan Pilkada. Di utara kansnya Syukur Bijak besar karena sudah beberapa kali ikut pertarungan. Syukur bijak juga punya Partai Demokrat,” terangnya.

Juru bicara rumah juang Basmin, Adi Atma menyatakan bahwa Basmin sangat merespon dengan bergabungnya PKPI dalam pemenangan di Pilkada. “Insya Allah dalam waktu dekat Pak Basmin akan menghadap dengan petinggi PKPI Sulsel,” ujarnya.

Berbicara soal wakil, sambung Adi, juga dalam waktu dekat akan diputuskan itu dan tentunya merujuk pada hasil survei.

“Intinya kami bersyukur PKPI bergabung. Dari sekian banyak partai politik, mesin PKPI sangat efektif bekerja. Dengan masuknya PKPI, Pak Basmin semakin optimis akan memenangkan Pilkada Luwu,” tegasnya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif PT Indeks Politica Indonesia (IPI), Suwadi Idris Amir menuturkan bahwa berdasarkan risetnya, paket Basmin dan Syukur Bijak hampir pasti akan memenangkan Pilkada Luwu. “Kalau Basmin sama Syukur Bijak surveinya di atas 70%,” sebut Suwadi. (mah)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top