Gubernur Minta Sarana Pendukung Dibenahi – UPEKS
UTAMA

Gubernur Minta Sarana Pendukung Dibenahi

FESTIVAL TAKABONERATE

MAKASSAR,UPEKS– Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo (SYL) menerima Bupati Selayar Basli Ali dan rombongan di Ruang Kerja Kantor Gubernur Sulsel, Jum’at (8/9/17).

Kunjungan bupati ini dalam rangka mengundang Gubernur untuk hadir pada pelaksanaan Festival Pesona Takabonerate ke-IX tahun 2017, persiapan Selayar menjadi kawasan ekonomi khusus pariwisata dan rencana persiapan menjadi tuan rumah Sail Takabonerate tahun 2018.

Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo mengatakan, pihaknya mendukung acara yang akan dilaksanakan terutama yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat yaitu Festival Pesona Takabonerate pada 23-27 Oktober mendatang.

“Saya dukung, mau itu yang dilaksanakan di Benteng atau di kawasan Takabonerate. Sarana pendukung disiapkan sebaik mungkin terutama kapal speed boat, Takabonerate ini sudah terdaftar di dunia sama dengan Bunaken,” katanya.

Namun, mengingat kondisi geografis dan letak Selayar yang berada di kawasan paling selatan Sulsel dan pertimbangan akses, mantan Bupati Gowa ini meminta agar pelaksanaannya menjadi rangkaian hari jadi Selayar yang jatuh pada tanggal 29 November.

“Ada dua kegiatan berdekatan, harus kerja keras dan kerja banyak ini. Kalau saya lihat ini perlu disatukan dengan rangkaian hari jadi. Karena awal saya buat ini Festival Takabonerate sebagai support system dari HUT Selayar,” pinta SYL.

Bupati Selayar, Basli Ali menuturkan, akan melaksanakan saran Gubenur Sulsel agar dua kegiatan yang berjarak satu bulan itu disatukan.

“Beliau siap hadir dan mendukung penuh. Terkait saran Gubernur disatukan dengan HUT Selayar, kami akan rapatkan dengan panitia. Ini ide bagus,” ujarnya.

Menurutnya, ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan dengan agenda festival. Beberapa kegiatan akan tetap dilakukan di awal festival pada tanggal 23 Oktober, dan pembukaan acara dirangkaikan di HUT Selayar nanti.

Adapun rangkaian acara festival di Kota Benteng kegiatan seperti, lomba atraksi bahari, pementasan seni suku Bajo dan permainan rakyat. Sedangkan di Takabonerate seperti atraksi seni tari dan musik, under water exhibition (eksibisi bawah laut) dan jelajah pulau suku Bajo.

Untuk fasilitas ke pulau-pulau di kawasan Takabonerate selain kapal-kapal yang sudah tersedia saat ini juga akan dibuat kapal baru dari bantuan dana Pemprov Sulsel.

“Akan kami sediakan kapal, sudah tender saat ini proses pengerjaan. Ini dari bantuan Pak Gubernur Rp1 miliar yang lalu,” akunya.

Basli menyebutkan, terdapat 50 event kegiatan pariwisata sepanjang tahun untuk menarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara.(eky/rif)

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!