KPK Puji Kinerja Kejari Majene – Upeks.co.id
INDONESIA TIMUR

KPK Puji Kinerja Kejari Majene

 

MAJENE,UPEKS– Kejaksaan Negeri Majene mendapat pujian dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Mahkamah Agung (MA), terkait penanganan tindak pidana korporasi yang ditangani selama tahun 2016 hingga 2017.

Hasil pengungkapan kasus korupsi yang ditangani Kejaksaan Negeri Majene, tak hanya melibatkan perseorangan, tetapi juga melibatkan korporasi atau perusahaan, diantaranya PT.Karya Tunggal Jaya dalam kasus proyek Hydram Kayu Angin dan PT.Fatimah Indah Utama, terkait kasus korupsi pembangunan PPN Palipi.

Atas keberhasilan pengungkapan tindak pidana korporasi tersebut, Kepala seksi pidana khusus Kejari Majene Rizal Faharuddin, diundang untuk menjadi salah satu pembicara dalam acara workshop penanganan tindana pida korupsi korporasi yang digelar Mahkamah Agung (MA) di Best Western Hotel Makassar, selama 3 hari, Selasa (5/9) hingga Kamis (7/9), dihadiri wakil ketua KPK Laode Syarif.

“Iya betul kami diundang jadi pembicara untuk sharing pengalaman, terkait penangan dua kasus korporasi yang ditangani Kejari Majene, dua kasus itu statusnya sudah incracht, putusannya sudah dijalankan,” jelas Rizal, Jumat (8/9) usai mengikuti workshop di Makassar.

Rizal juga mengatakan, dalam workshop ia sempat berbagi pengalaman soal penanganan tindak pidana korporasi, menurut Rizal selama ini penegak hokum masih kesulitan menangani kasus tipikor korporasi dengan menggunakan uu tipikor.

“Pengalaman ini saya utarakan dihadapan Hakim Agung Prof.Surya Jaya dan wakil Ketua KPK Laode Syarif, selama ini ada anggapan belum ada hokum acara yang mengatur secara spesifik. Tapi sebenarnya bisa, salah satu contoh di Majene,” kata Rizal.

Dikatakan Rizal, penangan tipikor korporasi di Indonesia masih terbilang langka, dari data yang diperoleh tercatat baru ada empat kasus yang statusnya sudah incracht, pertama di Kalimantan satu kasus, kedua di Bandung satu kasus dan ketiga di Majene Sulawesi Barat dua kasus, menyusul satu kasus ditangani KPK.

“Dalam acara workshop, sekaligus sosialisasi Perma nomor 13 tahun 2016, tentang penanganan tipikor korporasi, diikuti seluruh Kasi pidsus Kejari se-Sulbar yang juga dihadiri beberapa penyidi KPK..

Alhamdulillah Kejari Majene mendapat pujian dari KPK maupun dari MA, terkait penanganan tipikor korporasi, ini juga tak lepas dari peran teman-teman wartawan yang selama ini membantu
pemberitaan,” pungkasnya. (ali/ris)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top