Pemprov Fasilitasi Kredit Lima Sektor Produktif – UPEKS
UTAMA

Pemprov Fasilitasi Kredit Lima Sektor Produktif

MAKASSAR,UPEKS– Sektor Pertanian menjadi salah satu bisnis komoditas yang didorong perkembangannya oleh Pemprov Sulsel. Untuk mendorong sektor ini, Sulsel telah meminta perbankan menyiapkan anggaran sebesar Rp2 triliun.

Total anggaran tersebut disiapkan untuk meningkatkan geliat ekonomi daerah melalui sektor pertanian. Selain pertanian, terdapat empat sektor lain yang juga fokus didorong Pemprov.

Kepala Regional Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wilayah VI Sulawesi, Maluku dan Papua, Bambang Kiswono menjelaskan, program fasilitasi akses kredit UMKM pada sektor pertanian, perikanan, perkebunan, peternakan, dan kehutanan merupakan permintaan khusus Gubernur diawal tahun.

Setelah melalui proses, permintaan itu kemudian ditindaklanjuti dengan penandatanganan nota kesepahaman pada Februari 2017 lalu antar lima OPD Pemprov Sulsel, dengan empat bank penyalur yakni BRI, BNI, Mandiri dan BPD Sulselbar.

“Ini dilakukan dalam rangka percepatan akses kredit. Posisi akhir Juni lalu, dari total permintaan fasilitasi dana senilai Rp2 triliun, telah terealisasi Rp1,7 triliun. Kami optimis akhir tahun angka (Rp2 triliun) ini bisa tercapai,” ungkap Bambang.

Sementara Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo mengatakan, permintaan fasilitasi anggaran kredit pada lima sektor itu merupakan salah satu konsepsi, dalam upaya menggerakkan usaha kecil menengah dan bisnis, yang bergerak pada sektor ekspor.

“Permintaan fasilitasi uang Rp2 triliun itu untuk menggerakkan lima sektor, sekarang sudah (terserap) Rp1,7 triliun lebih. Itu artinya, responnya melampaui dan yakin akan dicapai,” katanya.

Dengan kondisi itu, lanjut dia, dipastikan akan membuat perputaran ekonomi bawah pada semua daerah di Sulsel bisa menunjukkan tren positif. “Apapun namanya, kita tidak bicara data. Tetapi actual, semua dilapangan terladeni dengan baik, dan kalau ada distorsi perlu diluruskan bersama,” pungkasnya.(eky/rif)

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!