Sulsel Antisipasi Kekeringan – Upeks.co.id
UTAMA

Sulsel Antisipasi Kekeringan

MAKASSAR,UPEKS– Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel, Syamsibar mengatakan, jika Oktober mendatang masih kemarau, maka akan terjadi puncak kekeringan di beberapa wilayah di Sulsel.

Meski demikian, kata Syamsibar, pihaknya dan sejumlah instansi terkait sudah mengantisipasi jauh hari, agar dampak kekeringan tidak terlalu dirasakan oleh warga yang wilayahnya mengalami kekeringan. Misalnya melakukan pompanisasi dan menyiapkan air bersih.

“Memang ada beberapa daerah diprediksi betul-betul kering. Hanya saja, kita sudah waspada sejak dini. Seperti tahun-tahun sebelumnya. Dampaknya tidak begitu terasa,” seru Syamsibar, kemarin.

Sekadar diketahui, hingga saat ini ada sejumlah daerah yang tercatat sudah mengalami kekeringan seperti Maros, Pangkep, dan Jeneponto. Hal ini berdampak pada rusaknya sebagian lahan pertanian dan terjadi puso.

Bahkan, Sekretaris jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, Maman Suherman belum lama ini mengakui, secara nasional, terdapat sebanyak 16.495 hektare lahan pertanian yang puso.

Dari angka tersebut, kekeringan tersebar di delapan provinsi, tapi yang terparah adalah Sulsel dengan luas 16.355 hektare. Sisanya provinsi lain hanya antara tiga hingga 55 hektare.(eky/rif)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top