Kekeringan Landa Desa Teppo di Sidrap, Warga Kesulitan Air Bersih – UPEKS
RAGAM

Kekeringan Landa Desa Teppo di Sidrap, Warga Kesulitan Air Bersih

SIDRAP, UPEKS.co.id — Desa Teppo, Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Sidrap kesulitan mendapatkan air bersih. Parahnya lagi, warga di Desa Teppo tak menemukan sumber mata air.

Sejak desa itu dilanda musim kemarau, sawah dan sumur-sumur galian mengering. Beberapa warga juga telah mencoba beralih ke pompa, namun juga tidak berhasil.

“Sudah beberapa hari ini kami sangat kesulitan air bersih. Selama ini warga terpaksa membeli air galon untuk konsumsi minum dan masak,” tutur warga bernama Rais (41), Rabu (13/9/2017).

Apa yang dialami Rais itu, juga dialami 475 KK atau 2.035 jiwa lainnya yang menghuni desa itu. Di tengah kemarau itu, mereka butuh perhatian pemerintah.

Kepala Desa Teppo, Amran tak menampik situasi krisis air bersih itu. Ia mengaku desanya sudah menjadi langganan kekeringan setiap musim kemarau tiba. “Upaya yang dilakukan Amran saat ini, dengan membuat sumur bor, “Alhamdulillah sudah ada sebuah sumur bor yang kita buat,” ujarnya.

Sayangnya, lanjut Amran, sumur bor yang dibuat itu, belum mampu melayani semua warga. Juga, jaraknya yang jauh dari perkampungan. “Kenapa jauh, sebab di dalam perkampungan warga desa sudah tak ada lagi sumber mata air yang bisa ditemukan,” bebernya. (eby/fo)

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!