UKM Cahaya Desa Pangkep Ajak 13 Mahasiswa Agroindustri Shooting Bareng Laptop si Unyil – UPEKS
EDUKASI BUDAYA

UKM Cahaya Desa Pangkep Ajak 13 Mahasiswa Agroindustri Shooting Bareng Laptop si Unyil

PANGKEP, UPEKS.co.id — Usaha Kecil Menengah (UKM) Cahaya Desa mengajak 13 mahasiswa Agroindustri Politeknik Pertanian Negeri (Politani) Pangkep, shooting bareng (Bersama) dalam Laptop si Unyil. Salah satu program televisi swasta nasional.

Ketigabelas mahasiswa Agroindustri dalam program Laptop si Unyil tersebut, merupakan mahasiswa magang Kewirausahaan Mandiri, Program Studi (Prodi) Agroindustri, Politani Pangkep, yang terlibat dalam proses pengolahan 13 produk UKM Cahaya Desa, sejak 13 Juli hingga 13 Agustus 2017.

Owner UKM Cahaya Desa, Muhammad Nasrul mengatakan, dalam program Laptop si Unyil, 13 mahasiswa Agroindustri tersebut akan dilibatkan langsung dalam proses pengolahan cemilan kacang Bandeng kriuk Arung Bolu di rumah produksi produk perikanan kelautan Cahaya Desa, Desa Pitue, Kecamatan Ma’rang, Pangkep.

“13 mahasiswa Agroindustri Politani Pangkep ini akan ikut shooting bersama si Unyil. Mulai pengambilan bahan baku di tambak, proses pengolahannya sampai ke pemasaran,” katanya.

Nasrul mengungkapkan, kacang bandeng kriuk merupakan produk andalan Cahaya Desa, UKM miliknya. Dimana, bahan bakunya menggunakan ikan Bandeng segar yang kemudian diolah oleh perempuan-perempuan pesisir secara manual dan higienis.

Ketua Prodi Agroindustri, Politani Pangkep, Zulfitriany D. Mustaka menambahkan, Cahaya Desa merupakan salah satu dari 42 UKM yang menjalin kemitraan dengan Prodi Agroindustri Politani Pangkep, dalam kegiatan Magang Kewirausahaan Mandiri. Di Cahaya Desa, 13 mahasiswa Agroindustri melaksanakan magang mulai 13 Juli hingga 13 Agustus 2017.

“13 mahasiswa yang diajak shooting bareng Laptop si Unyil itu merupakan mahasiswa magang Kewirausahaan Mandiri yang ditempatkan di UKM Cahaya Desa. Mereka belajar bagaimana proses pengolahan hingga pemasaran dan manajemen Cahaya Desa. Agar nantinya, apa yang mereka dapatkan disitu bisa diterapkan dilapangan ketika lulus maupun jika ingin berwirausaha,” ujar Zulfitriany dalam keterangan resminya, Selasa malam (12/9/17).

Sekadar diketahui, UKM Cahaya Desa didirikan pada tahun 2011 di Desa Pitue Kabupaten Pangkep oleh Muhammad Nasrul. Sejumlah prestasi dan penghargaan pun telah diraih oleh Nastul. Yakni, juara II wirausaha Muda berprestasi tingkat Provinsi tahun 2015, juara 3 wirausaha muda berprestasi tingkat Nasional tahun 2015, Finalis Pemuda Pelopor tingkat Provinsi tahun 2016, 10 besar Duta Petani Muda Indonesia 2016 dan Finalis Satu Indonesia Awards tahun 2017. (penulis: arif)

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!