Himbara Batasi Suku Bunga Spesial Rate – Upeks.co.id
KEUANGAN

Himbara Batasi Suku Bunga Spesial Rate

 

 

MAKASSAR, UPEKS — Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), berencana menetapkan batas atas bunga deposito spesial rate. Penetapan itu untuk menyeragamkan bunga untuk bank plat merah.

Perwakilan Himbara, Kartika Wirjoatmodjo, mengatakan batas atas bunga deposito diharapkan dapat menekan biaya dana. Dia bilang, jika biaya dana berkurang, maka target pemerintah untuk mencapai bunga kredit single digit bisa tercapai lebih cepat.

Kartika menyebut, saat ini bunga deposito spesial rate di Himbara sudah 6,75%. “Kami akan usahakan nanti maksimal suku bunga hanya 6,35%,” kata Kartika, dalam keterangan resminya.

Menurutnya, pengaturan bunga deposito spesial rate sangat penting. Pasalnya, kata dia, sebagian besar bunga deposito merupakan jenis spesial rate yang berbiaya tinggi.

Pria yang akrab disapa Tiko itu mengatakan, bank BUMN salah satu penentu pasar bunga deposito perbankan. “Pembatasan ini diharapkan bank tidak berlomba-lomba menawarkan bunga tinggi,” jelasnya.
Pemimpin BNI Wilayah Makassar, Edy Awaludin, menambahkan rencana pembatasan suku bunga deposito spesial rate sangat tepat dilakukan.

Apalagi jika ada kesepakatan bersama antar bank, kata dia, maka bisa menjadi kepercayaan di antara bank-bank milik negara. Edy bilang, saat ini BNI telah menerapkan suku bunga deposito paling tinggi 6,35%.

“Itu sudah sesuai yang dipersyaratkan Bank Indonesia dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS),” tuturnya. (met/mah)

 

BERITA POPULER

To Top