Pendaftaran Parpol Baru Terakhir 16 Oktober – Upeks.co.id
UTAMA

Pendaftaran Parpol Baru Terakhir 16 Oktober

MAKASSAR,UPEKS– Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sulsel menyatakan, dari 72 Partai Politik (Parpol) yang terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM, hanya enam Parpol baru yang memiliki izin keberadaan di Sulsel.

Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Antarlembaga Kesbangpol Sulsel, Andi Besse Wana mengatakan, sejak 2016 hingga saat ini, enam Parpol baru yang ajukan surat keterangan izin keberadaan di Sulsel.

Enam Parpol tersebut adalah Partai Berkarya, Partai Islam Damai Aman (Idaman), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Pemersatu Bangsa (PPB), Partai Gerakan Perubahan (Garuda) dan Partai Indonesia Kerja (PIKA).

“Ada juga kemarin satu partai baru, Partai Swara Rakyat Indonesia (Parsindo) baru memasukkan surat pemberitahuan keberadaan di Sulsel. Tentu akan diperiksa secara administrasi, kemudian dikeluarkan izin keberadaan,” katanya, Rabu (4/10/17),

Untuk pendaftaran Parpol sendiri, lanjut Wana, masih dibuka hingga 16 Oktober mendatang. Termasuk izin keberadaannya, lantaran Kesbangpol merupakan lembaga yang ikut memverifikasi. “Tapi bukan pengurusnya, hanya keberadaanya,” jelasnya.

Sebelumnya, Komisi Pemili Umum (KPU) Sulsel sudah menggelar sosialisasi terkait pendaftaran dan verifikasi parpol baru untuk pemilihan umum (Pemilu) 2019.

Komisioner KPU Sulsel, Devisi Hukum dan Pengawasan, Chaerul Mannan mengatakan, pengurus parpol baru punya kewajiban membentuk pengurus di tingkat provinsi. Untuk tingkat kabupaten/kota, satu partai harus ada diminimal 75 kabupaten kota, dan selanjutnya minimal ada di 50 persen kecamatan di tiap kabupaten/kota.

Verifikasi parpol tingkat provinsi sendiri akan mulai dilakukan mulai Desember 2018 hingga Januari 2017. “Semua akan diperiksa kelengkapan berkas, sekretariat dan anggota-anggotanya, jangan sampai ganda, atau sama dengan parpol lain,” ujarnya.(eky/rif)

 

BERITA POPULER

To Top