Bank Syariah Kian Bergairah – Upeks.co.id
KEUANGAN

Bank Syariah Kian Bergairah

 

 

#) Pembiayaan Tumbuh 7,4%

MAKASSAR, UPEKS–Bank Syariah di Sulsel kian bergairah. Pembiayaannya di Agustus 2017 tercatat tumbuh 7,4% (yoy), lebih tinggi daripada pertumbuhan bulan sebelumnya 3,0% (yoy).
Kepala Perwakilan BI Sulsel, Bambang Kusmiarso menyebut, pertumbuhan syariah tertinggi dicatat oleh pembiayaan konsumsi sebesar 12,0% (yoy), diikuti pembiayaan investasi sebesar 9,8% (yoy). “Sementara pembiayaan modal terkontraksi sebesar -2,5% (yoy),” kata Bambang.

Berdasarkan lapangan usaha, rincinya, pertumbuhan pembiayaan tertinggi tercatat pada lapangan usaha jasa kesehatan dan kegiatan sosial 325,3% (yoy), diikuti industri pengolahan 29,6% (yoy) dan lapangan usaha konstruksi 27,9% (yoy).

Ketua Asosiasi Bank Syariah Indonesia (ASBISINDO) Sulsel, Kamaruddin Kammisi mengatakan, sekarang beberapa bank syariah sudah masuk ke infastruktur. “Jangan cuman konsumer. Itu yang menyebabkan peningkatan walau belum signifikan,” ujarnya.

Di bulan sebelumnya, lebih lanjutnya, ada beberapa regulasi dari beberapa internal bank syariah yang umumnya aset dari pembiayaan yang tidak berubah meski banyak permintaan pembiayaan dengan nominal tinggi. Alasannya, pembiayaan yang dinilai cukup tinggi dikisaran Rp30 miliar akan dilimpahkan ke kantor pusat.

“Otomatis walau tumbuh tapi tercatat secara nasional bukan di masing-masing regional OJK. Karena kalau andalkan pembiayaan konsumer dari sisi pertumbuhan itu kontribusinya tidak terlalu tinggi, sebab angkanya tidak besar. Paling besar Rp1 miliar,” ujarnya.

Skema bisnis bank syariah, tambahnya, di semester I biasanya lebih fokus genjot pembiayaan dan semester ke dua konsentrasi memperbaiki pembiayaan macet.

“Tapi karena pembiayaan belum begitu membaik di semester pertama, jadi semester kedua fokus konsolidasi untuk genjot pembiayaan sambil perbaikan NPF,” pungkasnya. (hry/mah)

BERITA POPULER

To Top