Kejati Sasar Legilator-Eksekutif Sulbar – Upeks.co.id
ANEKA

Kejati Sasar Legilator-Eksekutif Sulbar

MAKASSAR,UPEKS— Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulsel menyasar legislator dan eksekutif Sulbar dalam kasus dugaan korupsi penyimpangan dan penyalahgunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), Provinsi Sulbar tahun 2016 sebesar Rp360 miliar.

Hal itu menyusul pasca penetapan tersangka empat pimpinan DPRD Sulbar. Yakni, Ketua DPRD Sulbar, Andi Mappangara, Wakil Ketua DPRD Sulbar, Munandar Wijaya, Wakil Ketua DPRD Sulbar, Hamzah Hapati Hasan dan wakil ketua DPRD Sulbar, H Harun.

Kepala Kejaksaan Tinggi Sulsel, Jan Samuel Maringka mengatakan, untuk tahap awal pihaknya baru menetapkan unsur pimpinannya sebagai tersangka. Namun pihaknya tidak pungkiri, legislator dan eksekutif di daerah itu terus diusut keterlibatannya.

Jan Samuel Maringka pun menegaskan, pihaknya akan fokus menuntaskan perkara, untuk empat tersangka tersebut. Menurutnya, penyidik akan segara mungkin tuntaskan penyidikan kasus tersebut.

“Kita tidak mau ada tunggakan di kasus ini. Kita ingin segera mempercepat proses hukumnya, ” tegas pimpinan Kejaksaan wilayah Sulsel dan barat ini.

Tersangka yang telah ditetapkan tersebut, menurut dia, merupakan pihak yang dianggap paling bertanggungjawab, dalam pengadaan proses penganggaran, dan pelaksanaan kegiatan aspirasi di DPRD Sulbar.

“Makanya kita tidak akan berhenti sampai disini saja. Kita masih terus akan melakukan pengembangan lebih lanjut dalam kasus ini,” ucapnya.

Lebih jauh, Jan menuturkan, para pimpinan DPRD Sulbar yang ditetapkan tersangka itu, modus yang dilakukan yakni menyepakati pokok pikiran penyusunan anggaran Rp360 miliar untuk dibagikan ke 45 anggota DPRD. Jumlah tersebut sudah terealisasi Rp80 miliar.

“Dana Rp80 miliar itu terealisasi di tiga SKPD yakni Dinas PU/PR, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Sekwan.
Sisanya terbagi ke SKPD lain Provinsi Sulbar dan beberapa kabupaten di Sulbar. Terdapat anggaran baru terealisasi 2017, ” tutupnya.(Jay)

BERITA POPULER

To Top