FUPPPI – Pusat Studi Alquran Jakarta Genjot SDM Guru Pesantren – Upeks.co.id
EDUKASI BUDAYA

FUPPPI – Pusat Studi Alquran Jakarta Genjot SDM Guru Pesantren

 

MAKASSAR,UPEKS.co.id–Forum Ukhuwah Pengelola Pondok Pesantren Indonesia (FUPPPI) kerjasama Pusat Studi Al-Qur’an (PSA) besutan Prof.Quraish Shihab Pelatihan Implementasi Kurikukum Islam Edu bagi guru pesantren di Gedung IMMIM Jl Sudirman, Senin (10/10).

Hadir Ketua Umum YASDIC IMMIM sekaligus Ketua Umum FUPPPI, Ir.H.M.Ridwan Abdullah, M.Sc, Ketua YASDIC Unit Pesantren Ir.Hj.Nurfajeri FL, M.Pd, Manajer Program Studi Alquran Jakarta, Muhammad Arifin, M.A dan tim Sekjen DPP IMMIM Dr.HM.Ishaq
Shamad, M.A, Direktur Pesantren IMMIM Putra, Dr.H.Taufan dan sejumlah peserta.

Muhammad Arifin, M.A bersyukur bisa jadi bagian dari Pusat Studi Alquran. Tujuannya berkontribusi dalam memahami Alquran untuk bangsa dan negara. Salah satu programnya, Pelatihan Kurilulum Islam edu untuk guru agama.

Pelatihan mengkaji konsep dalam Islam. Misalnya, pemahaman tentang sedekah. Dulu sedekah dipahami dari orang kaya kepada orang miskin. Padahal ada makna lebih dalam, yakni ada hak orang miskin yang dimiliki orang kaya.

”Jadi orang yang bersedekah, akan memahami kewajibannya untuk memberikan hak orang miskin. Sebab shadaqah, artinya bentuk kejujuran diri terhadap harta milik sendiri. Menunaikan zakat dengan memberi adalah kejujuran terhadap diri dan harta pemiliknya, urainya.

Selain itu, program Pasca Tahfidzh, menyasar penghafal 30 juz. Pusat Studi Alquran membekali mereka ilmu-ilmu penafsiran untuk memperkuat ilmu yang dimiliki para penghafal Alquran tersebut.

Sebagai perbandingan di luar negeri para penghafal Alquran, selain hafal Alquran, mereka juga maju akademisnya. Program berikutnya Jumatan di Mal. Hal ini dilakukan karena banyak jamaah tidak tertampung di Mal kalau hari Jumat.

Program lain “cari ustaz” melalui aplikasi. Ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Jadi kelak, umat bisa mendownload program tersebut melalui android.

Selanjutnya program Pendidikan Kader Mufassir, khusus bagi mahasiswa S2 atau S3 yang memiliki tesis dan disertasi yang meneliti menggunakan literatur Islami bukan studi kontemporer. Juga ada program PPL untuk mahasiswa selama 2 minggu, khusus bagi Jurusan Ushuluddin Tafsir Hadis.

Mereka itu dibimbing langsung Dewan Pakar dan Kuliah Umum Prof.Quraish Shihab. Program PSA juga menyasar akademisi dan masyarakat umum, khususnya program khalaqah Tafsir (Tahliliy dan Maudhui). Diharapkan dapat dikerjasamakan FUPPPI.

Ketua Umum YASDIC IMMIM Ir.H.M.Ridwan Abdullah, M.Sc menyatakan, saat ini kita berada pada suasana berbahagia dan terima kasih atas kerjasamanya. Ini sangat penting karena tekad IMMIM membangun peradaban dan keadaban bangsa berbasis masjid.

Dikatakannya, Prof.Quraish Shihab merupakan salah satu aktifis IMMIM di awal berdirinya. Karena itu, beliau tidak bisa dilepaskan dari IMMIM. Selain itu, FUPPPI didirikan untuk melaksanakan komunikasi intens dengan pondok pesantren, pemerintah dan masyarakat.

IMMIM memiliki 3 karakter, nilai nasional, nilai spiritual, dan nilai profesional yang akan memiliki kompetensi yang diandalkan. Program
IMMIM melalui 4 pilar kemakmuran masjid (mubalig, imam, pengurus masjid dan jamaah). (rls).

BERITA POPULER

To Top