Forum Perjuangan Pemekaran Kolaka Selatan, Staf Bupati: Banyak Makin Bagus – Upeks.co.id
RAGAM

Forum Perjuangan Pemekaran Kolaka Selatan, Staf Bupati: Banyak Makin Bagus

KOLAKA, UPEKS.co.id — Mantan anggota DPRD Kolaka H Akring Johar kepada media ini mengungkapkan bahwa semakin banyak forum itu semakin bagus. Hal itu diungkapkan terkait adanya dua forum yang terbentuk untuk memperjuangkan pemekaran daerah otonomi baru yakni Kolaka Selatan (Kolsel).

Forum yang terbentuk sejak tahun 2002 yang diketuai oleh Ardiyanto. Sementara forum yang kedua terbentuk tahun 2017 yang diketuai oleh HM Ismail. “Kedua forum ini kan memiliki tujuan yang sama yaitu membentuk otonomi baru, jadi tidak masalah, malah semakin banyak forum itu semakin bagus,”kata Akring juga staf ahli Bupati Kolaka.

Menurutnya, keinginan pembentukan suatu daerah otonomi baru itu harus ada pemahaman kepada publik terkait esensi dari pemekaran suatu daerah. “Kalau tujuannya untuk kesejahteraan rakyat dan memaksimalkan pelayanan kepada rakyat, marilah kita semua duduk bersama untuk membahasnya,”kata Akring.

Tetapi kalau tujuan dari pemekaran suatu daerah, supaya bisa membagi-bagi kekuasaan, maka sebaiknya pemekaran tidak perlu dilakukan.

Menurut Akring, bahwa berdasarkan kajian ilmiah yang sudah dilakukan, ada 84 persen daerah pemekaran gagal mensejahterakan rakyatnya. Sekarang kalau Kolsel ada keinginan dari sebahagian elemen untuk mewacanakan pemekaran Kolsel dengan tujuan agar masyarakatnya bisa sejahtera.

Pertanyaannya, apakah masyarakat Kolaka ini rakyatnya sudah sejahtera semua.”Kalau rakyat Kolaka sudah sejahtera, wajarlah kalau Kolaka dimekarkan lagi. Tetapi kalau rakyatnya masih banyak yang miskin untuk apa dilakukan pemekaran. Dari pada membebani anggaran negara lebih baik dipertimbangkan dulu niat kita semua untuk membentuk Kolsel,”ujar Akring.

Menurutnya yang perlu disikapi bersama adalah bagaimana Kolaka ini ditingkatkan statusnya menjadi kotamadya.”Lebih baik kita semua memikirkan bagaimana rakyat Kolaka ini bisa sejahtera semua, dan statusnya bisa ditingkatkan menjadi kotamadya,”ujar Akring mantan politisi partai PPRN Kolaka. (penulis: pilips)

BERITA POPULER

To Top