LKIMB UNM Bedah “Tutur Jiwa” Karya Sulhan Yusuf – Upeks.co.id
EDUKASI BUDAYA

LKIMB UNM Bedah “Tutur Jiwa” Karya Sulhan Yusuf

Makassar, Upeks.co.id — Lembaga Kajian Ilmiah Mahasiswa Bertakwa (LKIMB) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Diskusi dan Bedah Buku “Tutur Jiwa” karya Sulhan Yusuf, seorang aktivis literasi, pengarang, dan pustakawan,  di pelataran PKM kampus UNM, (12/10/17). Bedah buku ini dibahas oleh tiga pembicara, yakni Alwi Rachman, Herman Pabau dan Sulhan Yusuf sendiri.
Sulhan Yusuf mengatakan, “Tutur Jiwa” merupakan literasi paragraf tunggal yang dalam isi teksnya memuat dialog antara tokoh fiksi Han dan Sang Guru yang hanya terdiri dari satu paragraf saja. Istilah. Literasi Paragraf Tunggal” ini diberikan langsung oleh Alwy Rachman dalam pengantarnya di buku tersebut. “Tutur Jiwa” juga semacam kisah-kisah keseharian Han  di mana dalam relung batin Han, Sang Guru kerap hadir memberi wejangan spritual dan moril dalam menanggapi tiap peristiwa yang dilalui Han.
Dari dialog itu, disinggunglah banyak kejadian dunia keseharian, dari politik, sosial, hingga menyinggung dimensi spritual manusia. “Kumpulan literasi paragraf tunggal ini sebenarnya adalah tulisan-tulisan Facebook saya yang berserakan dan dikumpulkan kembali menjadi suatu buku yang utuh,” ujar Sulhan.
“Tutur Jiwa” ini adalah buku kedua Sulhan setelah sebelumnya telah menulis kumpulan puisi yang diberi judul buku “AirMataDarah”. (Penulis: Muhajir)

BERITA POPULER

To Top