Desa Tibubeneng Kelola Rp14 M, Kades dari Bulukumba Kagum – UPEKS
UTAMA

Desa Tibubeneng Kelola Rp14 M, Kades dari Bulukumba Kagum

 

BALI, Upeks.co.id — Di saat Kepala Desa  Tibubeneng, Kabupaten Badung, Bali, memaparkan  total anggaran yang dikelola tahun 2017 ini sebesar Rp14 miliar lebih, para kades asal Bulukumba langsung kaget dan berdecak kagum.

“Waduh. Luar biasa,” begitu teriakan para kades asal Bulukumba uang ikut kunjungan kerja di Desa Tibubeneng.yang difasilitasi Harian Ujungpandang Ekspres, Jumat 28/10.

Kades Tibubeneng, I Made Kamajaya menjelaskan, dari total anggaran itu, sebanyak Rp40 juta bersumber dari pendapatan desa,  bagi hasil pajak dan retribusi Rp8,3 miliar, alokasi dana desa Rp1,2 miliar, dana desa yang bersumber dari pusat Rp800 juta, dan bantuan keuangan provinsi sebesar Rp900 juta.

Bukan hanya itu, tahun ini juga Desa Tibubeneng mendapat alokasi dari APBD Perubahan Rp1,4 miliar dan dana silpa sebesar Rp1,5 miliar. “Jadi total anggaran yang kami kelola tahun ini capai Rp14 miliar lebih,” katanya.

Menurut Kades I Made, dari alokasi itu sebagian besar atau 40 persen dana disumbangkan untuk pembangunan kesejahteraan di desa atau sekitar Rp5 miliar. Pihaknya juga menyertakan alokasi anggaran untuk Bumdes (badan usaha milik desa sebesar Rp900 juta). “Program kami ada 4 item, di antaranya pembangunan kesejahteraan, lingkungan, dan bidang kemasyarakatan,” katanya.

Meski kelihatan besar, pihaknya juga tetap menjaga dan mengelola anggaran sesuai aturan dan pertanggungjawaban yang transparan dan akuntabel.

Pada kunjungan kerja ini juga turut hadir menerima rombongan Kabid Pemberdayaan Desa Kabupaten Badung, I Dewa Ayu Juristiningsih dan staf desa setempat. (Penulis: Supri)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!