Ini Sejarah Singkat Perjuangan Korps Brimob untuk NKRI – UPEKS
MAKASSAR CITY

Ini Sejarah Singkat Perjuangan Korps Brimob untuk NKRI

MAKASSAR, UPEKS.co.id–Korps Brigade Mobile (Brimob) saat ini usianya genap 72 tahun, tepat pada Selasa (14/11/17) hari ini. Usia ke-72 tahun itu, pasukan Korps Brimob begitu banyak rintangan yang dilaluinya.

Ini sejarah singkat perjalan Korps Brimob Polri. Dimana satuan ini merupakan satuan elite kepolisian yang telah berkontribusi aktif bagi bangsa dan negara Indonesia semenjak masa perjuangan kemerdekaan.

Karena itu, keberadaannya tidak akan pernah bisa dilepaskan dari sejarah berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Berawal dari masa penjajahan Jepang yang membentuk satuan pasukan berkemampuan militer yang terlatih, berdisiplin tinggi, dan terorganisir dengan sangat baik dan dikenal dengan sebutan Tokubetsu Keisatsu Kai.

Pasukan inilah yang menjadi cikal bakal Brimob Polri. Dimana pasca kekalahan Jepang kepada sekutu yang ditandai dengan Kemerdekaan RI, pasukan ini berganti nama menjadi Mobile Brigade atas inisiatif Wakapolri saat itu Komisaris Polisi Tingkat I Soemarto.

Sejarah singkat perjalanan Korps Brimob Polri itu, dibacakan oleh Kapolda Sulsel, Irjen Pol Muktiono di sela-sela Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-72 Korps Brimob Polri tahun 2017, di Lapangan Karebosi, pagi ini.(Penulis: Jaya)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!