Kopertis IX Sulawesi Dipecah Jadi Dua Lembaga Layanan DIKTI – UPEKS
EDUKASI BUDAYA

Kopertis IX Sulawesi Dipecah Jadi Dua Lembaga Layanan DIKTI

MAKASSAR,UPEKS.co.id–Terhitung Maret 2018, Kopertis Wilayah IX akan beralih status menjadi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2Dikti).

Tindaklanjutnya, Kopertis IX akan dipecah jadi dua L2Dikti. Kedua L2Dikti itu, pertama wilayah kerja Sulsel, Sulbar dan Sultra, kedua wilayah kerja, Sulut, Gorontalo dan Sulteng.

Demikian penegasan Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Prof Dr. Andi Niartiningsih, MP, saat buka Rapat Kerja Kopertis Wilayah IX Sulawesi 2018 di Kota Watampone, Kamis malam (11/1/2018).

Rakerda berlangsung hingga Sabtu, 13 Januari. Dijelaskan secara nasional ada 14 Kopertis mulai dari Aceh sampai ke Papua.

Peralihan status itu menjadikan ada 18 L2Dikti. Kopertis dengan wilayah cukup luas dibagi menjadi dua, termasuk yang ada di Kalimantan, Sulawesi, NTT dan NTB jadi datu serta ada yang baru di Kepulauan Riau, tegas Guru Besar Ilmu Perikanan Unhas ini. Kehadiran dua lembaga baru itu merupakan metamorposa dari Kopertis IX dan merupakan tuntutan dari masyarakat guna mewujudkan pelayanan yang efektif, efisien dan produktif, tandasnya.

L2Dikti merupakan impilasi menyambut arus globaliasi dalaam semua sendi kehidupan. Sumber daya manusia di jajarang Kopertis harus siap menyambut lembaga itu dengan memberikan pelayanan berbasis istem informasi.  Perubahan status Kopertis jadi L2Dikti pada sisi lain akan menambah pelayanan kepada perguruan tinggi.

”Jika selama ini yang dilayani hanya PTS maka lembaga baru ini juga melayani Perguruan Tinggi Negeri (PTN) non Badan Hukum Nasional (BHN), tegasnya. Ketua Panitia Rakerda Kopertis IX tahun 2018, Muliati Abbas, SE, M.Si menambahkan, materi yang disajikan, pembinaan Perguruan Tinggi tahun 2018 dan tugas pokok fungsi L2Dikti oleh Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi.

Materi lainnya, evaluasi Pengawasan Pengendalian dan Pembinaan (Wasdalbin) 2017 dibawakan Sekpel Kopertis IX, Dr. Hawignyo, MM. Khusus Jumat (11/1/2018) materi, Review Laporan Keuangan dan masukan rencana kegiatan 2018 menhhadirkan Ketua SPI, Prof Dr Syamsul Rijal, MS, katanya.

Materi selanjutnya, evaluasi pelaksanaan program 2017, pemantapan program 2018, penyusunan rencana program kegiatan 2019. Kemudian, sidang komisi kelembagaan, Akademik, kemahasiswaan dan ketenagaan serta bagian umum, ungkapnya. Bertindak stering komite, Prof Dr Andi Muin Fahmal, SH, MH, Prof Dr. Hattah Fattah, M.Si, Prof Dr, Nasir Hamzah, M.Si, Prof Dr. Syamsul Rijal, SE, MS, Dr. Fatmwati Bagenda, S.Kep. M.Kep dan Saharuddin, SE, MM. (rls)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!