FK UMI Raih Kelulusan UKMPPD Melebihi Nilai Rata-rata Nasional – UPEKS
EDUKASI BUDAYA

FK UMI Raih Kelulusan UKMPPD Melebihi Nilai Rata-rata Nasional

MAKASSAR,UPEKS.co.id–Fakultas Kedokteran (FK) UMI patut berbangga. Hasil Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) Indonesia merupakan indikator pencapaian kompetensi dokter, November 2017 kelulusan first taker mencapai 89, 7 % dengan nilai rata-rata 71. Nilai di atas nilai rata-rata nasional dan di atas rata-rata institusi akreditasi ‘A’.

Demikian Dekan FK UMI, Prof dr H Syarifuddin Wahif, SpPA(K), Ph.D, SpF, DFM didampingi Wakil Dekan I, Dr.dr H Nasruuddin, A.M, SpOG, MARS, Ahad (14/1) sekembali dari mengikuti acara Forum Dekan Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran (AIPKI).

Kegiatan yang berlangsung di FK Universitas Malikussaleh di Lhokseumawe, Kabupaten Aceh Utara, 10 s/d 12 Januari 2017 itu mengusung tema “Meningkatkan pengelolaan pendidikan kedokteran menuju mutu lulusan yang unggul dan berkualitas”.

Menurutnya, pada ujian keempat menunjukkan hasil kelulusan UKMPPD first taker, November 2017, FK UMI mendapatkan nilai 76,47%.  Angka kelulusan itu nilai lebih tinggi dari rata-rata kelulusan nasional 62, 89%. Hasil itu tak dari berbagai upaya dan inovasi pembelajaran serta dukungan seluruh staf dosen, stakeholder dan dukungan kuat pimpinan Universitas dan Yayasan Wakaf UMI.

Keberhasilan FK UMI ini juga dilaporkan pada forum rektor di Lhokseumawe yang diikuti Dekan dan Wakil Dekan, ketua Program studi pendidikan dokter, Ketua AIPKI bersama pengurus, ketua Tim Revisi Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI) 2017, dan Ketua Panitia Nasional Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (PNUKMPPD).

Prof Syarif menambahkan, terobosan dan program inovasi pembelajaran yang dilakukan. Pertama, melakukan assesment/ujian
progressif dan kontinyu pada mahasiswa kedokteran mulai dari tahap akademik (S.Ked) sampai pada tahap program Profesi dokter.

Kedua, sistem pendidikan kedokteran Komprehensif sesuai SKDI terutama di Program Profesi Dokter. Tujuannya agar kelulusan
UKMPPD semakin meningkat dan luaran dokter Indonesia kompeten (unggul dan berkualitas). (rls).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!