Wundulako Pusat Kawasan Kakao – UPEKS
SULBAR - SULTRA

Wundulako Pusat Kawasan Kakao

KOLAKA, UPEKS.co.id –Pemda Kolaka melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan Kab Kolaka menjadikan Wundulako sebagai kawasan tanaman Kakao(Cokkat).

Hal diungkapkan oleh Sekdis Perkebunan Dan Peternakan Kolaka H Darwis dihadapan ketua dan anggota kelompok tani se Kab Kolaka saat melakukan silahturrahim kelompok tani dengan instansi terkait.

Dikatakannya sejak tahun 2017 lalu Pemda Kolaka susah mencanangkan Wundulako sebagai kawasan Kakao.

“Dijadikannya Kecamatan Wundulako sebagai kawasan Kakao maka Pemda Kolaka menyiapkan lahan seluas 500 hektare,”ungkap Darwis.

Ia berharap kepada semu kelompok tani dan anggotanya mengolah kebunnua dengan baik, melakuman pemengkasan dengan benar. Secara khusus dalam melaksanakan program sambung pucuk, agar kakao yang sudah kurang produktif bisa menghasilkan buah berlualitas.

“Pemerintah menginginkan agar kejayaan Kakao Kolaka ini bisa kembali berjaya, sehingga para petani juga ekonominya bisa berjaya,”kata Darwis disambut sorak petani.

Dijelaskannya bahwa dengan adanya Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 50/Permentan/KB.020/9/2015 tentang Produksi, Sertifikasi, Peredaran dan Pengawasan Benih Tanaman Perkebunan. Ia berharap kepada semua petani dengan adanya benih yang disetifikasi oleh pemerintah untuk memberikan bibit yang disertifikasi betul betul bibit yang unggul.

“Untuk itu kita berharap kepada petani jangan mengambil bibit kalau bibit itu tidak memiliki sertifikat,”harap Darwis.(pil)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!