BPJS-TK Capai 4.000 Agen di Sulsel – UPEKS
KEUANGAN

BPJS-TK Capai 4.000 Agen di Sulsel

MAKASSAR, UPEKS.co.id–BPJS Ketenagakerjaan  tahun ini fokus pada peningkatan layanan. Layanan berbasis digital akan diperkuat untuk memperluas jangkauan akses layanan kepada masyarakat.

Layanan digital ini mendukung aktivitas agen Penggerak Jaminan Sosial Indonesia (Perisai). Ini diyakini akan membantu mendongrak jumlah kepesertaan.

Sudirman Simamora, Deputi direktur BPJS Ketenagakerjaan wilayah Sulawesi Maluku menambahkan, layanan berbasis agen dalam program Penggerak Jaminan Sosial Indonesia (Perisai) semakin ditingkatkan. Khusus di Sulsel jumlah agen Perisai sudah mencapai 4 ribu agen dari hampir 200  wadah yang berbadan hukum.

“Ini salah satu kekuatan kita untuk pertumbuhan kepesetaan. Agen difasilitasi infastruktur digital. Jadi seluruh layananan sudah bisa dilakukan lewat agen. Termasuk cetak kartunya,” ungkap, dalam jumpa pers di Hotel The Rinra Makassar, Kamis (18/1/18).

Direktur Pelayanan BPJS TK, Krisna syarif mengatakan, tahun ini pihaknya akan lebih fokua pada peningkatan layanan. Ini sebagai upaya memastikan manfaat layanan bisa dirasakan oleh peserta dan masyarakat.

“Agustus 2017 kan TKI sudah dicover. Jadi manfaat semakin luas dirasakan masyarakat,” katanya.

Ia bilang, layanan akan ditingkatkan di beberapa segmen. Utamanya pemanfaatan digitalisasi secara optimal yang saat ini dinilai masih belum banyak dimanfaatkan baik peserta maupun masyarakat.

“BPJS-TK Mobile salah satunya. Kita akan sosialisasikan di seluruh lapisan masyarakat. Karena yang mengakses ini masih kurang,” sebutnya.

Selain itu, perluasan layanan juga akan dilakukan melalui kerjasama dengan berbagai intansi dan perbankan. Paling anyar, BNI telah digandeng untuk memberikan layanan berbagai program BPJS-TK melalui skema agen laku pandai.

“Di mana ada agen laku pandai BNI, di situ bisa melayani peserta yang ingin daftar dan layanan BPJS-TK lainnya. Ini akan menjangkau pelosok yang sulit mengakses jaringan internet sehingga menutupi batasan jangkauan digital,” tuturnya.  (hery)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!