Fraksi Minta Sekolah Hentikan Pungli – UPEKS
SULBAR - SULTRA

Fraksi Minta Sekolah Hentikan Pungli

KOLAKA, UPEKS.co.id–Sekretaris Jenderal (Sekjen) Front Gerakan Aktivis Indonesia (Fraksi) Andi Awal Mangantarang secara tegas meminta kepada semua pihak sekolah mulai dari tingkat pendidikan dasar, menengah dan tingkat atas agar segera menghentikan bentuk-bentuk pungutan liar(pungli).
Menurut Awal bahwa sekolah seharusnya bertindak sebagai pelopor dalam memberantas semua bentuk-bentuk pungli.
“Sekolah itu adalah tempat mendidik dan membentuk mental generasi bangsa, nah alangkah ironisnya kalau pihak sekolah sendiri melakukan bentuk bentuk pungli,” ungkap Awal dikonfirmasi media ini melalui selularnya.
Awal membeberkan sedikitnya ada 50-an item bentuk-bentuk pungli yang dilakukan oleh semua sekolah baik ditingkat pendidikan dasar sampai sekolah tingkat menengah diantaranya paling lasim adalah biaya pendaftaran uang masuk, uang SPP/Komite, uang osis dan berbagai bentuk pungutan lainnya.
“Padahal Itu sudah jelas-jelas bertentangan dengan Pepres nomor 87 tahun 2016 tentang saber pungli,”kata Awal.
“Jadi kalau setiap sekolah melakukan pungutan kepada siswa apapun bentuknya itu merupakan praktek pungli,”kata Awal.
Selain itu kata Awal terkait pungli dalam bentuk dana komite yang dilaporkan salah seorang orang tua siswa patut diapresiasi karena hal itu merupakan bentuk ketidak puasan, sekaligus bentuk kepedulian dalam memberantas praktek pungli dilakukan pihak pengelolah sekolah.
“Jadi saatnya semua sekolah menghentikan semua bentuk bentuk pungli bisa merugikan para orang tua siswa. Dan kami minta Kadis Pendidikan Kolaka segera bentindak, selaku penangungjawab dalam memajukan kualitas pendidikan di Bumi Mekongga termasuk menghentikan praktek pungli dilakukan sekolah,”kata Awal dibalik ponselnya.
Sementara Kabid Pendidikan Dasar dan Menengah Diknas Kolaka H Mujabar, yang dikonfirmasi melaterkait hal itu tidak memberikan keterangan.(pil)
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!