PSF Tempuh 2.500 KM, Jelajah NTT dan Timor Leste – UPEKS
NASIONAL

PSF Tempuh 2.500 KM, Jelajah NTT dan Timor Leste

MAKASSAR,UPEKS.co.id– Pajero Sport Family (PSF) kembali melaksanakan touring. Kali ini, perjalanan mengangkat tema PSF Touring Explore Lintas Batas di dua negara, Indonesia dan Timor Leste.

Ada 32 unit Pajero dengan 115 anggota yang menempuh sekitar 2.500 kilometer (KM). Ratusan peserta ini berasal dari PSF Pusat dan beberapa PSF Chapter di Indonesia, diantaranya Chapter Bekasi, Chapter Jakarta Raya, Chapter Bogor, Chapter Bandung, Chapter Banten, Chapter Celebes, Chapter C4D dan peserta dari PSF Timor, Atambua.

Salah peserta berasal dari PSF Chapter Celebes. Ketua PSF Celebes, Andi Fada menuturkan, touring ini membawa misi silaturahmi, pariwisata dan sosial.

“Termasuk untuk mempromosikan wisata Indonesia di luar sesuai program Wonderful Indonesia dari Kementerian Pariwisata,” kata Fada, Minggu (4/2/2018).

Touring dengan keluarga ini berlangsung mulai 24 Desember 2017 hingga 5 Januari 2018. Namun, beberapa Chapter melanjutkan touring masing-masing hingga ke daerah asalnya.

Salah satu rute yang dilalui berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). PSF menjajal rute di Kupang, Malaka, Kolbano, Atambua, Larantuka, Maumere, Ende, Bejawa, Ruteng dan Labuan Bajoe.

Menurut Om Fada, sapaan akrabnya, Indonesia memang terkenal dengan keindahan alam dan budaya. Desa-desa adat yang masih terpelihara dan memegang teguh adatnya. Misalkan di Kampung Bena, Bejawa, Kabupaten Ngada, NTT.

Lalu, ada juga kampung Waerebo, Ruteng. Kampung yang berada di pegunungan ini merupakan salah satu desa adat yang ditetapkan Unesco sebagai warisan budaya dunia.

“NTT merupakan salah satu rute touring terbaik di indonesia dengan panorama alam yang sangat menakjubkan. Kami melintasi jalanan berkelok, gunung berkabut, turun ke lembah, menuju pantai berpasir putih,” takjub Fada.

PSF menikmati wisata alam yang sangat indah seperti, pantai Tablolong dan air terjun Oenesu di Kupang, danau kelimutu di Kab Ende, desa adat Kampung Bena dan Kampung Waerebo, Kampung Todo di Bejawa dan Ruteng, wisata bahari Pulau Rinca, Pulau Padar, Pantai Pink di Labuan Bajoe.

Seraya melakukan Touring sambil menikmati keindahan alam, PSF melakukan bakti sosial di sepanjang jalan yang dilalui di NTT. Mereka singgah di gereja-gereja dan masjid untuk membagikan alkitab, rosario, Al-Qur’an dan alat tulis kepada anak-anak sekolah.

Usai di NTT, PSF juga melanjutkan touring ke Dili, Timor Leste. PSF melintasi Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain di Belu, Atambua, NTT.

Dari Motaain, mereka memasuki Pos Perbatasan Terpadu (Posto Fronteirico Integrado) Batugade, Bobonaro, Republik Demokratik Timor Leste.

Mereka disambut Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Timor Leste, Sahat Sitorus dan perwakilan Kepolisian Timor Leste, Agapito Monteiro pada gala dinner di Dili.

Selanjutnya, PSF berziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Seroja, Dili, Timor Leste. Lalu, menyantuni anak-anak di Benteng Maubara.

Komunitas pelopor keselamatan berlalu lintas tersebut juga memberikan bantuan kaca mata baca, alkitab dan alat tulis kepada anak-anak setempat.

Lanjut Fada, sukses dan lancarnya touring kali ini tidak lepas dari ketangguhan Pajero Sport dari Mitsubishi. Selama touring, PSF tidak mendapatkan kendala dan rintangan berarti.

“Apalagi, Pajero yang handal dan cocok di medan apa pun ini didukung dengan bahan bakar Diesel berkualitas Pertamina Dex,” tandas Fada. (Penulis: Asrul Mustafa)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!