Masalah Kemanusiaan, Mensos Kunker Ke Sulsel – UPEKS
NASIONAL

Masalah Kemanusiaan, Mensos Kunker Ke Sulsel

MAKASSAR,UPEKS.co.id– Menteri Sosial (Mensos), Idrus Marham melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Salah satu kunker Mensos soal penanganan problem kemanusian di Asmat, Papua.

“Unhas memulai awal yang baik. Ide dan gagasan dari kampus ditangkap pemerintah dan dilakukan bersama-sama,” kata Idrus yang didampingi Rektor Unhas, Prof Dwia Aries Tina Palubuhu saat melepas tim medis dan multi disiplin Unhas di Rektorat Unhas, Senin (5/2/2018).

Menurut Idrus, dia sempat mengunjungi Asmat usai dilantik menjadi Mensos. Dia menilai, masalah gizi buruk di Asmat harus direspon secara cepat.

Karena itu, dia menekankan penanganan terpadu, menyeluruh dan berkelanjutan sebagai solusi problem kemanusiaan di Asmat.

Apalagi, Asmat merupakan daerah yang terisolasi. Karena itu, dicanangkannya program utama untuk membuka isolasi berupa pembangunan infrastruktur Trans Papua.

“Saya yakin bahwa dengan pembangunan infrastruktur itu akan membawa implikasi terhadap kehidupan masyarakat Papua yang sangat positif,” tandas Idrus.

Namun, lanjutnya, penyelesaian masalahnya tidak hanya soal pengobatan saja. Mental penduduk Asmat juga harus ditingkatkan.

Olehnya, Idrus berikhtiar mengubah wajah Kemensos. Idrus tak menginginkan Kemensos dikesankan sebagai kementerian yang hanya bagi-bagi bantuan.

“Dan salah satu tugas penting melakukan revolusi mental adalah menjadi tugas kami kemensos membangkitkan semangat hidup rakyat, inilah yang sangat mendasar. Semangat hidup orang Asmat harus dibangkitkan karena ini berimplikasi malas, daya juang kurang,” tandas Idrus.

Dia berharap pengembangan masyarakat Papua secara mandiri dapat dilakukan secara bersama-sama ke depan. Apalagi, Unhas-lah yang mengawali ide dengan mengirim tenaga medis dan kesehatan ke Asmat.

Sementara itu, Dwia mengatakan, upaya yang dilakukan Unhas sebagai panggilan atas tanggung jawab kemanusiaan.

“Ke depan, Unhas akan mengirim tim untuk memetakan persoalan untuk aspek lain, seperti sosial, ekonomi dan kesehatan,” pungkasnya. (Penulis: Asrul Mustafa)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!