Dana Komite Disepakati Ortu Siswa dan Sekolah – UPEKS
SULBAR - SULTRA

Dana Komite Disepakati Ortu Siswa dan Sekolah

KOLAKA, UPEKS.co.id–Kepala Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah Dinas Pendidikan(Diknas) Kab Kolaka Mujabar, dikonfirmasi media terkait dana komite disorot oleh sejumlah LSM lalu, menilai dana komite sekolah dikategorikan sebagai pungutan liar(pungli).
Mujabar menjelaskan dana komite dilakukan disetiap sekolah adalah kesepakatan antara orang tua siswa dengan pihak sekolah.
“Jadi apakah itu dikategorikan sebagai pungli, tetapi yang jelas dana komite itu merupakan kesepakatan semua orang tua siswa dengan pihak sekolah,”jelas Mujabar.
Dikatakannya bahwa penggunaan dana komite sekolah diperuntukkan untuk membiayai semua kebutuhan yang tidak mampu dipenuhi oleh dana Biaya Operasional Sekolah(BOS), seperti untuk membiayai tambahan jam  belajar/les dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan setiap siswa.
“Anggaran pendidikan yang diberikan pemerintah pusat kepada daerah tidak mempu memenuhi semua kebutuhan disetiap sekolah. Dan yang bisa menunjang pemenuhan biaya pendidikan adalah dana komite sekolah,”ujar Mujabar.
Sementara Ketua Lingkar Demokrasi Rakyat(Lider) Sultra Herman Syahruddin, kepada media ini mengungkapkan rasa keherananya karen berdasarkan Pepres nomor 87 tahun 2016 terkait saber pungli. Dimana dana komite salah bentuk pungli di sekolah.
Sementara dalam aturan lain kata Herman, dana komite sangat dibutuhkan karena bisa menunjang biaya opetasional sekolah yang tidak dapat dipenuhi oleh dana BOS.
“Dan itu jelas aturannya sebagaimana diatur dalam Kemenduknas nomor 75 tahun 2016 tentang dana komite sekolah. Jadi kita bingung ini aturan yang berlaku di negara kita,”kata Herman dengan nada kesal.(pil)
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!