Sentra Industri UKM Kolaka Telan Rp18 M – UPEKS
SULBAR - SULTRA

Sentra Industri UKM Kolaka Telan Rp18 M

KOLAKA, UPEKS.co.id—Pembangunan gedung sentra industri Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kab Kolaka menelan anggaran APBN sebesar Rp18 miliar. Pembangunan gedung ini terletak diatas lahan seluas 7 hektare usai direklamasi dua tahun lalu.

Bupati Kolaka, Ahmad Safei dalam kesemlatan itu mengungkapkan bangunan sentra industri UKM dibangun diatas lahan seluas 2 hektare.

“Anggaran pembangunan gedung menelan biaya dari APBN mencapai Rp 18 miliar,”ungkap Bupati.

Bupati berharap bangunan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk memajukan perekonomian daerah.

“Jadi kita berharap gedung ini bisa dimanfaatkan, jangan sampai gedung ini hanya menjadi bangunan pajangan saja,”harap Bupati.

Bupati menjelaskan bangunan ini memiliki 24 unit toko tersebut, dan belum ada pengusaha yang memanfaatkan. Meski demikian sebelum diisi oleh pengusaha tentunya Pemerintah Daerah lebih dahulu melakukan seleksi.

Sehingga orang yang mengisi tempat tersebut mereka betul-betul berusaha. Selain itu juga dibuatkan MoU. Kalau sampai 3 bulan tidak ada kegiatan maka ada sanksinya. Kalau kemudian sampai 1 tahun tidak ada kegiatan, maka MOU nya akan diputuskan.

“Karena apa gunanya ini kita bangun lantas tidak dimanfaatkan dengan baik,”kata Safei.

Sementara Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kabupaten Kolaka, Andi Ahmad menambahkan, setiap pelaku usaha yang ingin mengisi sentra industri tersebut harus lebih dulu melakukan pendaftaran di instansi terkait.

“Memang untuk saat ini bangunan di sentra industri kecil dan menengah itu belum ditempati oleh pelaku usaha. Kita akan lakukan seleksi lebih dulu. Jenis usaha yang ada sekarang namun belum kami permanenkan yaitu alat pembuatan keripik, roti, gula aren, usaha sablon dan tenun,”ujar Ahmad.(pil)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!