Panwaslu Deklarasi Tolak dan Lawan Politik Uang dan Politisasi Sara – UPEKS
PILKADA

Panwaslu Deklarasi Tolak dan Lawan Politik Uang dan Politisasi Sara

 PANGKEP,  Upeks.co.id — Panwaslu Kabupaten Pangkep laksanakan Deklarasi Tolak dan Lawan Politik Uang dan Politisasi Sara, di Gedung Islamic Centre, Rabu (14/2/18).
Tampak Bupati Pangkep, Syamsuddin A Hamid, Kajari Pangkep, Firmansyah Subhan, Kapolres Pangkep, AKBP. Bambang Wijanarko, Perwakilan Dandim 1421 Pangkep, Ketua KPU Pangkep, Burhan, dan para Ketua Parpol di Pangkep, menandatangani petisi komitmen politik damai.
Ketua Panwaslu Pangkep, Syamsir Salam menuturkan, deklarasi ini merupakan bukti keseriusan Panwas untuk mengajak dan mencegah pelanggaran dalam pemilu. Ia pun menegaskan, bahwa antara money politik dan cost politik telah memiliki batasan yang jelas.
Lanjut disampaikannya, bahwa selain di atur dalam undang-undang, larangan money politik dan politisasi sara juga di atur dalam agama.
“Kita berharap masyarakat memahami apa yang dilarang sebagaimana tertuang dalam Undang-undang. Apalagi dalam UU Nomor 10 tahun 2016, Panwaslu diberikan kewenangan untuk mengeksekusi pelanggaran dimaksud,” ujar Syamsir.
Dijelaskan Syamsir, pasal 187 UU Nomor 10 Tahun 2016, disebutkan pihak yang terlibat politik uang dipenjara paling singkat 36 bulan dan paling lama 72 bulan, dan denda paling sedikit Rp 200 juta dan paling banyak Rp. 1 miliar.(sahrir)
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!