Dorong Literasi Keuangan, OJK Gelar Pelatihan Wartawan – UPEKS
KEUANGAN

Dorong Literasi Keuangan, OJK Gelar Pelatihan Wartawan

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar pelatihan dan gathering wartawan. Acara ini menjadi upaya mendorong efektivitas distribusi informasi kepada masyarakat. Karena sangat membantu posisi strategis OJK dalam mendorong literasi keuangan untuk akselerasi pertumbuhan ekonomi daerah.
Kepala OJK Regional 6 Sulampua, Zulmi mengemukakan, OJK berkepentingan mengedukasi masyarakat dan memacu pertumbuhan ekonomi daerah yang merata. Pelatihan dan gathering ini selain menjalin hubungan baik dengan rekan-rekan media, juga memperbaharui informasi baik perkembangan industri keuangan di wilayah Sulawesi, Maluku dan Papua (Sulampua).
“Peran media sangat membantu tugas kami menyebarluaskan informasi mengenai perkembangan industri keuangan,” kata Zulmi dalam acara tersebut di Four Points by Sheraton Makassar, Senin (26/2/18).
Zulmi mengatakan, pewarta yang berkompeten sangat membantu meningkatkan tingkat literasi masyarakat yang saat ini mengalami ketimpangan yang cukup dalam dibandingkan tingkat inklusi. Dia menyebutkan, tingkat literasi di Sulsel saat ini sebesaer 28%. Sementara inklusi keuangan sudah diangka 68%.
“Artinya banyak yang menggunakan produk jasa keuangan tapi belum paham. Ini yang kita dorong. Sesuai Peraturan Presiden, ditargetkan literasi bisa naik menjadi 35%  dan inklusi menjadi 75% di 2019 mendatang,” jelasnya.
Sekedar diketahui,  pelatihan dan media gathering ini dilaksanakan mulai tanggal 26 sampai 28 Februari 2018, wartawan akan menerima materi perkembangan dan isue terkini perbankan dan edukasi perlindungan konsumen di regional 6 Sulampua.
Kemudian, program pembiayaan pembangunan daerah melalui pasar modal oleh Deputi Direktur Penilaian Keuangan Perusahaan Sektor Jasa Departemen Pengawasan  Pasar Modal 2B OJK M. Maulana, lalu penulisan berita ekonomi oleh wartawan senior Tempo dan perkembangan fintech oleh group inovasi keuangan digital dan penhembangan keuangan mikro.(hry).
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!