Saluran Pembuangan Meluap, Banjir Rendam 435 Rumah di Palangga – UPEKS
ANEKA

Saluran Pembuangan Meluap, Banjir Rendam 435 Rumah di Palangga

GOWA, UPEKS.co.id –Sebanyak 435 Rumah warga yang berada di kampung Parang Ma’lengu, Bontorea & Kampung Mange, Desa Panakkukang, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa terendam air mencapai 2 meter. Menurut Informasi banjir terjadi sejak pukul 05.00 Wita, Rabu (14/3/2018).

Rahman yang merupakan warga setempat mengatakan banjir yang terjadi termasuk yang terparah sepanjang tahun 2017-2018 ini.

Genangan air yang mwlengakibatkan banjir ini bervariasi mulai se lutut, sepinggang, sedada hingga setinggi 2 meter. Namun yang setinggi 2 meter itu hanya terjadi area rawa dan sawah, sedangakan di area permukiman hanya mencapai1 meter saja.

“Hampir semua jalan tergenang air, Banjir ini juga sudah merendam sekolah MI Muhammadiyah dan terpaksa siswanya diliburkan karena air masuk di ruang kelas. Air juga sedah masuk dirimahku,” aku Rahman.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan yang dikonfirmasi via WhatsApp terkait banjir yang melanda kampung Parang Malengu tersebut, mengatakan dirinya telah memonitor kondisi banjir di wilayah itu sejak pagi.

” Saya sudah memantau sejak tadi pagi dan telah perintahkan Camat dan Kadis PU untuk memantau langsung ke lapangan. Kami juga akan mencari tau apa penyebab utamanya banjir tersebut. Saya juga telah perintahkan Kepala BPBD dan Kadis Sosial untuk turun membantu dan evakuasi warga,” kata Adnan.

Camat Pallanga, Indra Wahyudi Yusuf menjelaskan penyebab banjir di Parang Ma’lengu, Bontorea dan Kampung Mange Desa Panakkukang Kecamatan Pallangga akibat meluapnya Saluran Pembuang Kampung Mange, Panakkukang, Bontorea, Borong Untia hingga saluran pembuang Tamannyeleng sepanjang 12 km. Itu diduga akibat pendangkalan dan penyempitan dari kelima Saluran Pembuangan.

“Penyebab banjir disebabkan karena volume air yang sangat tinggi akibat lima saluran pembuang telah mengalami pendangkalan dan
penyempitan. Kami kami minta masyarakat agar tidak panik, saat ini kita sudah menanganinya dengan bekerjasama dengan Dinas sosial, Dinas Kesehatan, BPBD, serta TNI dan Polri,” kata Camat. (Sofyan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!