MH Isra Menangkan Praperadilan, Status Tersangka Klien Batal – UPEKS
HUKUM

MH Isra Menangkan Praperadilan, Status Tersangka Klien Batal

MAKASSAR,UPEKS.co.id– MH Isra & Partners memenangkan Praperadilan di Pengadilan Negeri (PN) Makassar. Alhasil, status tersangka klien Firma Hukum yang diketuai Muh Israq Mahmud ini dinyatakan tidak sah alias batal.

Muh Israq menuturkan, pihaknya mengajukan permohonan Praperadilan terhadap penanganan perkara yang ditangani Polrestabes Makassar.

Kasus tersebut tentang dugaan penipuan dan penggelapan sesuai pasal 378 dan pasal 372 Kitab Undang Undang Hukum Pidana (KUHP).

“Penanganan kasusnya sangat buruk, kesannya ada kepentingan. Akhirnya, kita ajukan Praperadilan,” kata Israq, Jumat (13/4/2018).

Israq menilai, adanya keganjilan dalam penanganan prosedur pada tingkat sidik menjadi salah satu alasan permohonan Praperadilan. Penanganan kasusnya tanpa penyelidikan. Parahnya, tersangka tak pernah diperiksa sebagai saksi.

Dia menceritakan, kliennya atau terlapor atas nama Muh Deni dilaporkan Saiful pada 23 Januari lalu. Sehari kemudian, terlapor ditetapkan menjadi tersangka.

“Jadi, terkesan ada yang ganjil dan putusan mengabulkan semua permohonan kami,” tandas Israq.

Karena itu, lanjutnya, penetapan tersangka terhadap kliennya tidak berkuatan hukum mengikat. Olehnya, penuntutan harus dihentikan karena penetapan tersangka dinyatakan batal.

“Hakim menyatakan mengabulkan permohonan Praperadilan untuk seluruhnya. Putusan ini juga sudah kami sampaikan ke kejaksaan,” kata Israq yang juga menjabat Ketua Kongres Advokat Indonesia (KAI) Sulsel.

Di kesempatan yang sama, Ketua Umum Lembaga Om Betel Law Investigation, Andi Jamal mengatakan, kejaksaan harus melaksanakan putusan tersebut.

Bahkan, Jamal sapaan om Betel, akan melayangkan surat ke Mabes Polri dan Kejaksaan Agung. Dia melapor agar penyidik diberikan sanksi.

“Ini terkait penyalahgunaan wewenang dan ada pelanggaran HAM disini. Jaksa cepat P 21, tidak mendalami kasusnya,” pungkasnya. (Penulis: Asrul Mustafa)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!