KPU Jeneponto Rekrut KPPS, Ini Dia Tugas dan Wewenangnya – UPEKS
PILKADA

KPU Jeneponto Rekrut KPPS, Ini Dia Tugas dan Wewenangnya

JENEPONTO, UPEKS.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jeneponto saat ini sedang melakukan perekrutan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Menurut Komisioner KPU Jeneponto Bidang Divisi SDM dan Parmas Samsuddin, tugas dan wewenang seorang petugas KPPS mempunyai peranan sangat l penting dalam menyelenggarakan pemungutan suara.

KPPS dibentuk oleh pps atas nama kpu kabupaten/kota untuk melaksanakan pemungutan suara dan penghitungan suara di TPS, kata Samsuddin. Anggota KPPS sebanyak 7 (tujuh) orang yang terdiri atas seorang ketua merangkap anggota dan enam anggota serta dibantu oleh 2 (dua) orang petugas ketertiban dan keamanan TPS, jelas Samsuddin.

Dikatakannya, secara umum tugas KPPS dalam melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara di TPS salah satunya adalah dalam rangka mewujudkan kedaulatan pemilih, melayani pemilih menggunakan hak pilih, memberikan akses dan layanan kepada pemilih disabilitas dalam memberikan hak pilihnya.

Tugas dan wewenang KPPS, lanjut Samsuddin yaitu mengumumkan dan menempelkan daftar pemilih tetap di TPS,
menyerahkan daftar pemilih tetap kepada saksi peserta Pemilu yang hadir dan oengawas pemilu lapangan,
melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara di TPS,
mengumumkan hasil penghitungan suara di TPS, terangnya.

Selain itu, kata Samsuddin, tugas dan wewenang KPPS yaitu menindaklanjuti dengan segera temuan dan laporan yang disampaikan oleh saksi, pengawas pemilu lapangan, peserta pemilu, dan masyarakat pada hari pemungutan suara,
menjaga dan mengamankan keutuhan kotak suara setelah penghitungan suara dan setelah kotak suara disegel, jelasnya.

Tugas dan wewenang KPPS lainnya yaitu,
membuat berita acara pemungutan dan penghitungan suara serta mebuat sertifikat penghitungan suara dan wajib menyerahkannya kepada saksi peserta pemilu, pengawas pemilu lapangan, dan PPK melalui PPS, menyerahkan hasil penghitungan suara kepada PPS dan pengawas pemilu lapangan, jelas Samsuddin.

Kemudian selanjutnya, yaitu menyerahkan kotak suara tersegel yang berisi surat suara dan sertifikat hasil penghitungan suara kepada PPK melalui PPS pada hari yang sama, melaksanakan tugas, wewenang, dan kewajiban lain yang diberikan oleh KPU, KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota, PPK, dan PPS sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan
melaksanakan tugas, wewenang, dan kewajiban lain yang diberikan oleh Undang-undang, tandasnya. (lau)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!