Mau Menjadi Petugas KPPS, Nah Ini Persyaratannya ! – UPEKS
PILKADA

Mau Menjadi Petugas KPPS, Nah Ini Persyaratannya !

JENEPONTO, UPEKS.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jeneponto membuka kesempatan kepada warga
yang berminat menjadi anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Terkait hal tersebut KPU Jeneponto menggelar Rapat Koordinasi dengan Tingkat Panitia Pemungutan Suara
(PPS) Se-Kabuoaten Jeneponto, di Gedung Sipitangarri Bontosunggu, Rabu (16/5/2018).

Menurut Komisioner KPU Jeneponto Bidang SDM dan Samsuddin, bahwa adapun persyaratan menjadi anggota  KPPS, adalah com anggota KPPS yang bersangkutan tidak pernah menjadi anggota KPPS selama.dua periode.

“Calon anggota KPPS yang bersangkutan harus menandatangani surat pernyataan bahwa tidak pernah menjadi  pengurus KPPS selama dua periode”, jelasnya.

Kemudian anggota calon KPPS tersebut harus mempunyai kemampuan dalam menyelenggarakan proses  pemungutan suara, kata Samsuddin.

Oleh karena itu, Samsuddin berharap kepada petugas PPS untuk selektif dalam merekrut petugas KPPS. “Saya  yakin para Petugas PPS mempunyai kemampuan dalam menyeleksi KPPS yang sementara berjalan ini”, ujarnya.

Syarat lainnya, kata Samsuddin adalah minimal memiliki ijazah SMA atau sederajat. Oleh karena itu, dalam  perekrutan ini maka peminat yang ingin menjadi anggota KPPS harus mengisi surat pernyataan bahwa yang  bersangkutan memiliki kemampuan membaca dan menulis serta kecakapan lainnya menjadi anggota KPPS,  jelasnya.

Samsuddin juga berharap bahwa pembentukan KPPS ini melihat kemampuan personal. “Jadi harus kita  menyamakan persepsi berdasarkan regulasi yang ada yaitu petugas KPPS berjumlah 7 orang dan linmas 2  orang”, ujarnya.

Salah satu tugas petugas KPPS, tambah Samsuddin yaitu membentuk petugas ketertiban KPPS yang bertugas  menjaga pemungutan suara yang akan dilaksanakan yaitu Satpol PP. Kemudian petugas KPPS selalu  berkoordinasi dengan lurah atau desa serta petugas PPS, jelas Samsuddin.

Demikian pula, kata Samsuddin berharap para Petugas KPPS selalu membangun koordinasi dengan satuan polisi  pamong praja (Satpol PP) serta petugas PPS, tandasnya. (lau)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!