Jamkrindo Jajaki Penjaminan Distribusi Semen Tonasa – UPEKS
KEUANGAN

Jamkrindo Jajaki Penjaminan Distribusi Semen Tonasa

MAKASSAR, UPEKS.co.id–Perum Jamkrindo wilayah IX Makassar kini tengah menjajaki kerja sama Penjaminan distribusi semen di Sulawesi selatan.

Penjaminan ini adalah untuk penjaminan pembayaran distributor semen yang menerima semen dari PT Semen Tonasa.

Lini bisnis yang ditargetkan terealisasi tahun ini tersebut diharapkan turut berkontribusi terhadap performa volume penjaminan. Realisaai volume penjaminan di empat bulan pertama tahun ini di wilayah cakupan Sulawesi, Maluku dan Papua sebesar Rp5,5 triliun atau 31% dari target tahun ini, tumbuh 22% dibanding periode yang sama tahun lalu.

“Baru penjajakan. Ini produk penjaminan distribusi barang. Sebelumnya, di Makassar kita pernah jajaki pabrik semen, tapi bisnisnya belum bisa diharapkan dan perbedaan sistem kami dengan mereka. Makanya kita coba dengan group semen Indonesia, PT Semen Tonasa,” kata Hamim Bugi Afianto, Kepala Perum Jamkrindo Wilayah IX Makassar, di sela sela acara Buka Puasa Bersama dan Santunan Anak Yatim di Four Points by Sheraton Makassar, Kamis (31/05/18).

Hamim mengemukakan, Penjaminan Distribusi semen ini menggunakan skema pengajuan secara kasus perkasus (CBC), yakni pada saat menganalisa kesesuaian plafond induk calon distributor semen.

Ini memberikan terproteksi dari distributor yang tidak kompeten sehingga pendistribusian semen perusahaan milik negara ini dapat berjalan mulus.

Sedangkan, manfaat yang diperoleh distributor adalah tidak lagi membutuhkan cash deposit kepada perusahaan semen saat melakukan pendistribusian. Sebab sudah dijamin oleh Jamkrindo.

“Pabrik semen kan sudah menentukan plafond, misal ada plafon Rp30 miliar. Rp10 miliar harus dengan Cash deposit karena tidak mungkin fiks aset. Dengan hadirnya penjaminan ini, tidak perlu lagi ada cash deposit,” jelas Hamim.

Kabag Bisnis Penjainan dan SRG, Wisnu Wardhono menambahkan, realisasi penjaminan ini ditargetkan bisa tahun ini.

Segala kesiapan sudah dimatangkan.

“Kerja sama dengan Semen padang sudah jalan, juga Semen gresik dan Semen batu raja. Jadi menyusul di semen Tonasa.

Sementara kami beraninya dengan perusahaan BUMN. Kalau distributor swasta, satu distributor bisa handle sampai banyak produk. Sehingga, pengelolaannya lebih rumit,” jelasnya.

Wisnu mengaku, penjaminan ini diharapkan turut mendongrak volume penjaminan. Meski, fokusnya lebih kepada menambah varian produk Perum Jamkrindo.

“Kami hanya melengkapi produk saja. Karena Jamkrindo Syariah sudah masuk di lini bisnis ini,” pungkasnya. (hery).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!