Cemarkan Nama Baik, Direktur LSM Rekap Dilapor ke Polisi, Terancam UU ITE, Denda Rp1 Miliar – UPEKS
ANEKA

Cemarkan Nama Baik, Direktur LSM Rekap Dilapor ke Polisi, Terancam UU ITE, Denda Rp1 Miliar

TAKALAR, UPEKS.co.id—Setelah pihak LSM Rekap laporkan bakal calon (balon) legislator PKS, ‘Ahmad Jais (AJ) atas dugaan terkait penjualan Alsintan, Kamis, (7/6/18) giliran Ahmad Jais melaporkan Direktur LSM Rekap, Zainuddin ke Polres Takalar.

Zainuddin dilapor atas dugaan pencemaran nama baik di media sosial (medsos) dan dugaan lembaga fiktif tidak terdaftar di Kesbangpol, kata AJ usai melapor di Polres Takalar, Kamis, (7/6/18)

”Laporan LSM Rekap terkait dugaan keterlibatannya dalam sejumlah pengadaan Alsintan dinilai cacat dan itu sama sekali tidak benar,” tegas Ahmad Jais.

‘Selain pencemaran nama baik, kami juga laporkan lembaga yang digunakan melapor ke Polres, soal resmi atau tidaknya terdaftar
lembaga Kesbangpol. Itu akan akan kelihatan kelak dari data di Kesbangpol Takalar,” ungkap Jais yang didampingi Irwan Tiro.

Kanit Lidik 1, Sat Reskrim Polres Takalar, Suanto SH mengatakan, terkait pencemaran nama baik di medsos akan kita tindaklanjuti dan selanjutnya untuk melengkapi Berita Acara Pemeriksaan (BAP).

“Dokumen bukti pendukung telah kami terima selanjutnya akan diserahkan ke Kasat Reskrim,”ungkap penyidik. Sekedar diketahui berdasarkan laporan Polisi Ahmad Jaiz, No. Pol/STTPL/119/IV/SPKT /2018. Begitu juga terlapor diancam pasal 27 ayat 3 jo pasal 45 ayat 1 UU. No.11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Dalam ayat tiga menegaskan, setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan atau
membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan atau dokumen elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan atau pencemaran nama baik.

Pasal 45 ayat 1 menerangkan, setiap orang yang memenuhi unsur sebagaimana yang dimaksud pasal 27 dengan ancaman hukuman 6
tahun penjara dan denda 1 miliar rupiah. (penulis: Jahar).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!