Dosen Kopertis IX, Profesor Sosiawan Ma’mun Wafat – UPEKS
EDUKASI BUDAYA

Dosen Kopertis IX, Profesor Sosiawan Ma’mun Wafat

MAKASSAR,UPEKS.co.id–Salah seorang Dosen Dipekerjakan Kopertis IX (DPK) di STKIP Pembangunan
Indonesi Makassar, Prof Dr. Hj. Sosiawan Ma’mun, SE, MM, Senin (11/6/2018) pukul 18.30 WITA meninggal dunia
di rumah Sakit Stella Maris Makassar, kata Wakil Ketua I Bidang Akademik STKIP Pembangunan Indonesia
Makassar, Drs. Ahmad Hasyim, M.Si, baru-baru ini.

Dijelaskan, almarhum meninggal dunia setelah dua hari di rawat di rumah sakit karena penyakit tumor di bawah  lidahnya.

Sejak diserang tumor itu, profesor satu-satunya yang ditempatkan Kopertis IX di kampus STKIP PI ini ,  sudah keluar masuk rumah sakit.

Almarhum lahir di Buton, 1 Juni 1954. Meraih jabatan akademik Lektor Kepala 1 Januari 1998, dengan pangkat  golongan Pembina Utama Muda IV/C.

Karier selaku pendidik sudah dijalani dalam rentang waktu panjang, sarjana muda pendidikan IKIP Ujung Pandang  1978, sempat jadi guru honor di SMA 4 Makassar serta dosen di AMKOP Ujungpandang.

Sejak 1980-1985 jadi Guru SMA Negeri 277 Sinjai. Setelah itu beralih jadi dosen dan di tempatkan di STISIPOL 17  Agustus 1945 Makassar.

Isteri dari Drs.H.Muallim Dg. Mangemba,M.Si, di kampus ini menjabat ketua periode 2007-2013. Periode  sebelumnya di kampus itu pernah jadi wakil ketua I dan II.

Awal 2014 pindah kampus ke STIE Amkop, di kampus ini, mencapai impian semua dosen dapat meraih jenjang  tertiggi pangkat akademik selaku profesor ke-48 di lingkup Kopertis IX Sulawesi.

Di STIE Amkop tidak lama kemudian pindah ke PPs STKIP PI Makassar dan diberi amanah jadi Ketua Prodi S2  Pendidikan Ekonomi.

Masa-masa kecil dijalani di Selayar, tamat SD Negeri 2 Benteng Selayar 1967. Lanjut SMEP Negeri Bulukumba  dan tamat 1970.

Tamat SMEA Negeri Bulukumba 1973. S1 Ekonomi Manajamen FE UMI Makassar 1982. S2 Manajemen PPs-UMI  Makassar 2003 serta S3 Manajemen PPs-UMI 2012.

Ketua STKIP PI Makasaar, Dr. Muh Yunus, M.Pd menilai sosok almarhum sebagai pekerja keras, tegas dan  disiplin. Selain itu dia juga bersahabat dan berjiwa sosial, tegas doktor sosiologi PPs-UNM ini.

Salah seorang anak didiknya di SMAN 277 Sinjai, Drs. Irwan Kasim, Guru SMPN 1 Mappakasunggu Takalar,  menilai almarhum sosok pendidik yang sulit dilupakan. (rls).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!