Danny Bersama Gubernur Pantau Korban di RS TNI AL – UPEKS
SULAWESI SELATAN

Danny Bersama Gubernur Pantau Korban di RS TNI AL

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Mendengar ada warga Kota Makassar yang menjadi korban tenggelamnya KM. Arista tujuan Pulau Barrang Lompo.

Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto langsung mengunjungi korban di RS. TNI AL- Jala Ammari Lantamal VI Makassar, Rabu (13/6/17).

Setibanya di lokasi, Danny pun langsung menemui para korban baik yang masih selamat maupun sudah meninggal dunia. Danny juga menenangkan para keluarga korban yang menangis atas kepergian sanak saudaranya.
“Kami turut berduka cita, ini sebuah musibah. Saat ini kami mempersiapkan perkuburan dan  mendatangkan ambulans kita yang ada di pulau,” ucapnya.

Atas peristiwa tersebut, Danny menghimbau kepada para pemilik kapal dan nahkoda agar memperhatikan standarnisasi dan kapasitas kapal. Karena hal itu menyangkut keselamatan semua pihak.

“Saya juga himbau kepada para penumpang agar tidak ngotot dan berdesak-desakan jika ingin menumpangi kapal,” himbau Danny.

Kekhawatiran Danny atas musibah tersebut sangat nampak. Pasalnya, selama dua jam Danny sibuk di lokasi memantau secara langsung apa yang diperlukan korban dan tak hentinya melakukan kordinasi langsung dengan beberapa camat setempat.

Tak lama kemudian, Pejabat Gubernur Sulawesi Selatan, Soni Sumarsono tiba juga di RS. TNI AL- Jala Ammari Lantamal VI Makassar.

Menurut data yang dihimpun tim Basarnas, korban meninggal dunia masih tercatat 13 orang sementara 5 orang masih dalam pencaharian. Dimana para korban kebanyakan balita dan perempuan dewasa.

“Sebenarnya kita perkirakan total penumpang itu idealnya 30an orang. Tapi kami prediksi ada sekitar 43 orang yang menumpangi kapal Jolloro tadi. Ini tidak sesuai kapasitas kapal,” ungkap Amiruddin, Tim Basarnas.

Kejadiannya berawal sekitar pukul 12.30 WITA KM. Arista meninggalkan Pelauhan Paotere (di bawah Jembatan 5) sekitar 5 Mil dari Pelabuhan Paotere KM. Arista dihantam angin dan ombak besar yang mengakibatkan KM. Arista terbalik hingga tenggelam.

Pukul 14.00 WITA korban yang berhasil diselamatkan oleh team gabungan Polair bersama dengan team Basarnas Kota Makassar mengevakuasi korban ke RS. Jala Ammari dan RS. Akademis untuk dilakukan identifikasi korban meninggal dunia dan selamat.(Rasak)

RS Jala Ammari, TNI AL

21 dievakuasi, 8 tewas, 13 selamat

RS Akademis

8 dievakuasi, 8 selamat

Pulau Barang Lompo
6 dievakuasi, 5 tewas, 1 selamat.

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!