PPDB Tanpa Tes, Tingkat SD/SMA, Diknas Belum Tentukan Jumlah Peserta – UPEKS
MAKASSAR CITY

PPDB Tanpa Tes, Tingkat SD/SMA, Diknas Belum Tentukan Jumlah Peserta

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Dinas Pendidikan Kota Makassar hingga saat ini belum menentukan jumlah peserta didik yang akan diterima dari 45 SMP Negeri se-Kota Makassar.
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) menuturkan lambatnya penentuan jumlah kuota Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) lantaran belum menerima laporan dari masing-masing pihak sekolah yang saat ini sementara menghimpun data.
“Saat ini kita masih menghimpun data dari sekolah karena kemarin baru penaikan kelas, jadi nanti selesai penaikan kelas baru kita bisa kita ketahui jumlah kuota, mudah-mudahan Minggu ini kita sudah bisa ketahui,” ujar mantan Sekretaris Dinas Pendidikan ini saat dikonfirmasi.
Menurutnya terkait jumlah kuota yang diterima dari 45 SMP Negeri se-Kota Makassar tidak jauh beda dengan tahun sebelumnya.
“Tahun ini jumlah alumni tingkat SD sebanyak 25 ribu, untuk jumlah kuota tidak jauh beda dengan tahun sebelumnya berdasarkan analisa kita data tahun lalu, hanya 47 persen dari jumlah siswa yang tamat diterima untuk tingkat SMP Negeri selebihnya dapat menentukan untuk masuk ke sekolah swasta,” ungkapnya.
Untuk satu kelas sambung Hasbi yakni siswa yang diterima tidak boleh lebih dari 36 orang setiap kelasnya untuk tingkat SMP dan 32 untuk tingkat SD.
Lebih Hasbi menegaskan bahwa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2018 berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika sebelumnya berdasarkan dengan tes masuk tahun ini berdasarkan zonasi domisili.
“PPDB tahun ini semua tingkatan mulai SD hingga SMA tidak boleh ada lagi tes melainkan harus berdasarkan domisili atau zonas,” ucapannya.
“Jadi anak-anak atau siswa dekat dari sekolah sudah pasti diterima tidak lagi melihat nilainya lagi, ada pun radius tertentu yang sudah dinyatakan langsung diterima tanpa melihat nilai misalnya yang kurang dari 500 meter dari sekolah itu sudah otomatis langsung diterima,” tutupnya. (Rasak)
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!