Dua Lembaga Survei di Kolaka Adu Data – UPEKS
SULBAR - SULTRA

Dua Lembaga Survei di Kolaka Adu Data

KOLAKA, UPEKS.co.id–Pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kolaka tahun 2018, dua lembaga survei masing-masing menyajikan data kepada publik masing-masing kekuatan dua pasang calon (paslon) yaitu pasangan H Ahmad Safei-Muh Jayadin dengan akronim SMS tetap Berjaya  selaku pasangan petahana nomor urut 1 didukung oleh 10 partai.

Dan kedua pasangan Hj Asmani Arif-H Syahrul Beddu nomor urut 2 dengan akronim Berani Membawa Perubahan selaku penantang sang petahana didukung oleh dua partai.

Pada (20/6) di salah satu hotel di Kendari salah satu lembaga survei yakni Sinergi Data Indonesia (SDI) merilis hasil survei di Kabupaten Kolaka menempatkan pasangan Ahmad Safei- Muh Jayaddin memiliki elektabilitas tertinggi.

“Tingkat elektabilitas Paslon nomor 1 Ahmad Safei- Muh Jayaddin dengan persentase sebesar 50,45 persen, sedangkan Paslon nomor urut 2 Asmani Arif-Sahrul Beddu sebesar 24,32 person dan 25,23 persen yang belum menentukan,” kata Viki Hamzah peneliti SDI.
Menurutnya dia, hasil survei pengumpulan data yang dilakukan pihaknya pada tanggal 27 hingga 31 Mei 2018 dilaksanakan serentak di 12 kecamatan wilayah Kabupaten Kolaka, dengan Jumlah responden 440 orang dan margin of error sebesar 4,77 person pada tingkat kepercayaan 95 persen.
“Dominasi Safei-Jayaddin dikarenakan pasangan ini merupakan petahana, dimana program kerjanya sudah berlangsung lima tahun di periode pertama memberikan kepuasan kepada masyarakat,”jelas Viki.
Sementara lembaga survei lainnya yakni Jurnal Survei Independen (JSI) juga merilis hasil survei pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kolaka berlangsung kemarin malam di salah satu hotel di Kolaka.
Merilis hasil survei dilakukan sejak 8 hingga 11 Juni 2018, di 12 kecamatan se Kabupaten Kolaka dengan jumlah responden mencapai 859 orang dengan Margin Of Error 3.3 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Dengan persentase pasangan Asmani Arif – Syahrul Beddu unggul dengan tingkat elektabilitas mencapai 36.6 persen sementara pasangan petahana Ahmad Safei-Jayadin hanya memiliki elektabilitas 33.4 persen atau terpaut 3.2 persen.

Sementara masyarakat belum menentukan sikap siapa kandidat paslon yang akan dipilih mencapai 30 persen.(pil)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!