Gugatan Paslon BERSAMA, Ditolak Panwaslu – UPEKS
PILKADA

Gugatan Paslon BERSAMA, Ditolak Panwaslu

SINJAI, UPEKS.co.id—Setelah menunda beberapa kali untuk agenda putusan sidang gugatan sengketa pilkada  pasangan No 2 Sabirin Yahya (SBY) – Andi Mahyanto Mazda (AMM), Panitia Pengawas Pemilu (PANWASLU)  Kabupaten Sinjai menolak sepenuhnya gugatan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati 2018 tersebut.

Putusan penolakan terhadap gugatan permohonan mengenai keterlambatan memasukkan LPPDK di Kantor  KPUD Sinjai, dibacakan oleh Ketua Panwaslu Muh. Rusmin A. Kayyum yang bertindak sebagai Majelis Hakim yang  berlangsung di Kantor Panwaslu Sinjai, Jalan Garuda, Senin (9/7).

Dalam sidang Musyawarah penyelesaian sengketa Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Sinjai itu, tiga komisioner  Panwaslu yang menjadi majelis hakim membacakan secara bergantian fakta-fakta yang dipersoalkan pemohon.

“Dalam pembacaan fakta-fakta oleh majelis, ketua majelis memutuskan menolak permohonan pemohon untuk  seluruhnya,” ujar Rusmin yang bertindak sebagai Pimpinan sidang.

Kendati begitu, Tim kuasa hukum dari paslon SBY-AMM yang diketuai Khair Khalis Syurkati, SH,MH mengaku  akan menempuh jalur hukum lain di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

“Saya juga agak bingung setelah berkali-kali ditunda, kayaknya ada konspirasi politik yang dilakukan Panwaslu  Kabupaten Sinjai. Terlebih orang panwas bukan orang hukum,” terangnya.

Olehnya Khair Khalis, Tim akan menempuh jalur lainnya dan akan melayangkan gugatan ke PTUN.

Sementara itu usai pembacaan putusan, Ketua Panwaslu Sinjai, Muhammad Rusmin enggan berkomentar,  bahkan menolak untuk diwawancarai lebih lanjut terkait putusannya yang tidak memuaskan pihak penggugat.  (egy)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!