Prof Dr Basri Modding: Menuju Universitas Berkelas Dunia, UMI Perlu Investasi IT – UPEKS
EDUKASI BUDAYA

Prof Dr Basri Modding: Menuju Universitas Berkelas Dunia, UMI Perlu Investasi IT

MAKASSAR,UPEKS.co.id—Mewujudkan obsesi mulia universitas berkelas dunia (World Class University), dalam proses pendidikan dan dakwah, ke depan UMI perlu investasi bidang Informasi dan Teknologi (IT). Pertimbangannya, saat ini, Teknologi Informasi merupakan
senjata memenangkan persaingan.

Pemikiran itu dilontarkan Rektor UMI, Prof Dr Basri Modding,SE pada serah terima jabatan (sertijab) dari Prof Dr Hj Masrurah Mochtar, rektor masa amanah 2010-2018 kepada rektor yang baru masa amanah 2018-2022.

Basri Modding menandaskan, pihaknya akan berupaya ekstra, bagaimana kelak agar Teknologi Informasi di tiap fakultas dapat terwujud.

Melalui Teknologi Informasi, kita jadikan wadah sosialisasi berbagai program UMI, terutama upaya pembentukan karakter mahasiswa melalui pendidikan di Pondok Pesantren Padang Lampe, Pangkep.

”Prinsipnya, kita ingin lebih optimalkan sosialisasi ke publik, bahwa jika ingin mengubah karakter seorang anak, agar lebih memahami nilai Islami menuju kebahagiaan dunia dan akhirat, solusinya ada di UMI karena ditunjang wadah pendidikan Pesantren Padanglampe UMI,” ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Kopertis IX, Prof Jasruddin menegaskan, untuk mewujudkan cita-cita universitas berkelas dunia, butuh pengakuan dari luar institusi yang bersangkutan.

”Berbagai syarat mutlak yang wajib dipenuhi menuju universitas berkelas dunia. Termasuk perlunya reputasi akademik,reputasi kinerja alumni, rasio dosen dan mahasiswa serta rasio jurnal. Pokoknya, simbol-simbol kualitas sebuah perguruan tinggi harus benar-benar jadi perhatian serius,” tandas Jasruddin.

Prof Jasruddin yang juga mantan Direktur Pascasarjana Universitas Negeri Makassar (UNM) itu mengaku sangat setuju, jika ke depan peran Teknologi Informasi di UMI benar-benar optimal dalam proses pendidikan dan dakwah. Pertimbangannya, UMI lebih berkualitas, karena akan melahirkan alumni yang jauh lebih berakhlakul karimah.

Sebelumnya rektor UMI masa amanah 2010-2018, Prof Masrurah Mochtar, berpesan agar rektor yang baru mencintai pekerjaan dan ikhlas dalam bekerja. Dengan demikian, akan selalu merasa enjoy dalam menjalankan amanah.

Di akhir sambutannya, Prof Masrurah membacakan tiga puisi. Satu untuk dirinya, satu untuk pendamping setianya dan puisi Kampus Hijau, karya Udhin Palisuri (almarhum). Diakuinya, salah satu dari puisi yang dibacakan itu, buah goresan tangannya usai salat subuh. Karyanya tuntas disertai linangan air mata. (arf)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!