Kaswadi : Soppeng Akan Impor 500 Box Bibit Ulat Sutera – UPEKS
ANEKA

Kaswadi : Soppeng Akan Impor 500 Box Bibit Ulat Sutera

SOPPENG,UPEKS.co.id — Bupati Soppeng HA Kaswadi Razak menerima kunjungan Tim Koordinasi dan Fasilitasi Pengembangan Industri Sutera Provinsi Sulawesi Selatan bersama rombongan dirumah Jabatan Bupati, Jl Pengayoman, Watansoppeng, Rabu (11/7/18).

Kunjungan tim tersebut dalam rangka melaksanakan Pengembangan Sutera dari hulu ke hilir yang bertujuan mengembangkan Sutera yang merata dan lebih berkualitas.

Bupati Soppeng dalam sambutannya mengatakan selama dua tahun terakhir ini, pihaknya bertekad untuk mengembalikan kejayaan
sutera. Bahkan, pihaknya telah membangun “Kampong Sabbeta” (Kampung Sutera) yang menjadi daerah yang menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan Domestik maupun Internasional.

Ia menjelaskan, bibit sutera dari perum tidak mampu menghasilkan benang yang maksimal seperti kualitas dari bibit sutera dari china.

“Alhamdulillah kami sudah mengimpor pertama sejumlah 300 box bibit ulat sutera di tahun 2017 dan pada tahun 2018 akan mengimpor 500 box,”tuturnya.

Sementara itu, Kepala Balitbangda Provinsi Sulawesi Selatan, Dr Since Erna Lamba selaku ketua tim koordinasi menuturkan bahwa alat yang digunakan saat ini masih sangat sederhana sehingga kualitas yang dihasilkan juga belum terlalu maksimal.

Dikatakannya, kegiatan pengembangan sutera dari hulu ke hilir bisa dikembangkan dengan menggunakan teknologi dan inovasi, karena teknologi dapat meningkatkan produksi dan produktifitas masyarakat petani sutera.

“Kita mengharapkan dengan kegiatan ini, seluruh pelaku sutera mulai dari produsen sampai ke penjual semuanya sama sama untung dan sejahtera,”ucapnya.

Diketahui, tim akan melakukan kunjungan di Kampong Sabbeta (Kampung Sutera) di Desa Pising, Kecamatan Donri-Donri, Kabupaten Soppeng. (Amin Rais)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!