Panin Bank Menanti Laju KPR di Semester II – UPEKS
ANEKA

Panin Bank Menanti Laju KPR di Semester II

MAKASSAR, UPEKS.co.id–KPR di semester ke dua tahun ini diprediksi akan semakin membaik. Utamanya dipacu oleh pelonggaran LTV oleh Bank Indonesia.

Regional Manager Panin Bank Kawasan Timur Indonesia Hudli Huduri, mengungkapkan, sesuai pengalaman di tahun sebelumnya, pelonggaran Loan to Value (LTV) akan mendorong laju KPR, khususnya segmen komersil. Kebijakan yang sama ini diyakini akan mulai terasa dampaknya di semester kedua.

“Saya sangat yakin akan berdampak signifikan. Di semester ke dua ini pertumbuhan KPR akan lebih baik dari semester pertama,” kata
Hudli kepada Upeks, Kamis (12/07/18).

Hudli tidak sepakat kalau pelonggaran LTV dinilai akan berefek kepada risiko kredit macet. karena saat ini orang yg akan berinvestasi sangat hati-hati dan selektif.

“Kita harus optimis menghadapi berbagai macam kebijakan. Dan perbankan juga akan pertajam di analisa keuangan,” jelasnya.

Adapun sepanjang tahun 2018 ini, perseroan mematok pertumbuhan KPR sebesar 15% dari realisasi tahun lalu.
Sejumlah langkah taktis dijalankan agar memuluskan realisasi target.

Salah satunya memilih menawarkan suku bunga KPR sebesar 5,88% fix tiga tahun sejak April lalu, diturunkan dari sebelumnya 6,99%.

“Program tersebut memang sengaja diluncurkan untuk memberi kemudahaan, dari segi angsuran, kepada masyarakat,” ujarnya.

Hudli tidak menampik, pertumbuhan KPR di semester pertama belum sesuai ekspektasi. Kondisi ekonomi di Kawasan Timur Indonesia khususnya Sulsel dinilai belum menguntungkan bagi bisnis perbankan, namun sudah mengarah ke kondisi yang lebih baik seiring peningkatan permintaan kredit.

“Tapi di semester kedua ini kita lihat. Ekonomi akan bertumbuh di tahun 2018. Realisasi pembangunan proyek infrasktruktur juga akan direalisasikan yang memberi dampak multiplier efek terhadap pertumbuhan kredit konsumsi termasuk KPR,” jelasnya. (hery).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!