Soal Megah Proyek Jembatan Bialo Bermasalah, Ini Hasil RDP Komisi C DPRD – UPEKS
ANEKA

Soal Megah Proyek Jembatan Bialo Bermasalah, Ini Hasil RDP Komisi C DPRD

BULUKUMBA, UPEKS.co.id—Komisi C DPRD Kabupaten Bulukumba menggelar rapat dengar pendapat dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat membahas pembangunan jembatan sungai bialo, Kecamatan Ujungbulu.

Pembagunan jembatan megah proyek tahap pertama sebesar Rp10 miliar tersebut bermasalah karena mengalami kerusakan atau keretakan pada obutman dan obrit pondasi pada pembangunan jembatan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Dinas PUPR) Andi Amri mengatakan pembangunan tahap pertama sesuai peninjauan fisik oleh pihak pengawas sudah rampung 100 persen dan sudah di audit oleh BPK. Sementara untuk keuangan atau pendanaan pada jembatan tersebut baru mencapai 89 persen.

“Pada tahap pembangunan kedua di rencanakan akan membuat tanggul untuk melindungi pondasi jembatan tersebut sehingga dapat melindungi jembatan dari ombak lepas pandai, tapi kami mengharapkan Komisi C dapat membantu tentang pembangunan tanggul jembatan tersebut terhadap dinas PSDA yang bertanggung jawab terhadap pembuatan tanggul,” jelas Andi Amri.

Konsultas pengawas, Arjun menjelaskan, pembangunan menuturkan pada pembangunan jembatan, memang terjadi kerusakan atau keretakan antara obutman dan obrit pada jembatan tersebut tetapi tidak mengganggu bangunan utama yang menerima beban karena pembangunan tersebut sesaui dengan rencana yang ditetapkan sebulumnya.

Ketua Komisi C Andi Pangeran mengharapkan, dalam pembangunan jembatan sungai bialo harus dikerjakan sesuai perencanaan karena jika tidak dikerjakan sesuai perencanaan yang ada maka banyak resiko yang akan muncul serta akan merugikan banyak orang.

“Banyak jembatan yang tidak dikerjakan sesuai rencana umur jembatan tersebut tidak akan bertahan lama sesuai dengan jembatan jembatan yang ada di pulau jawa. Tidak cukup satu tahun digunakan sudah ambruk, itu yang perlu dihindari oleh setiap yang bertanggung jawab dalam pembangunan jembatan tersebut,” imbuhnya. (sufri).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!