CITIZEN REPORTER

Kunker ke Selayar, Menhub Tegaskan Selayar Menjadi Contoh Pelayaran Roro di Indonesia

SELAYAR, Upeks.co.id- Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kepulauan Selayar, Senin (13/8/2018). Dengan menggunakan pesawat Hawker 900XP BBKFP, Menhub bersama rombongan tiba di Bandara H. Aroeppala Selayar sekitar pukul 14.00 wita, disambut oleh Wakil Bupati Kepulauan Selayar Dr. H. Zainuddin, S.H.,M.H bersama unsur Forkopimda, serta para pimpinan OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar.

Didampingi Wakil Bupati kepulauan Selayar Dr. H. Zainuddin, S.H., M.H., menhub menghadiri sekaligus memimpil apel Pekan Nasional Keselamatan Jalan (PNKJ) 2018, di Pelataran Pelabuhan Rauf Rahman Benteng. Sementara peserta apel terdiri peserta bimtek keselamatan pelayaran pada alur agen regulator dan operator, peserta diklat pemberdayaan masyarakat dari PIP Makassar, BP2IP Barombong, serta ATKP Makassar.

Dalam arahannya menhub Budi Karya Sumadi bertekad untuk membuat semua kepulauan di Indonesia, termasuk Selayar menjadi daerah kepulauan yang maju. Ia menilai bahwa selama ini ada satu sistim pelayaran yang kurang sempurna dalam hal pelayaran rakyat, terutama berkaitan dengan kapal roro.

“Oleh karena hari ini saya pastikan akan mendidik sejumlah tenaga-tenaga potensial untuk bisa mengelola secara mandiri di bawah pengawasan kementerian perhubungan. Saya minta kepada adik-adik yang akan mendapatkan pendidikan supaya dilakukan dengan baik,” kata Menhub.

Masih berkaitan dengan kapal roro, Menhub akan meninjau kapal-kapal yang tidak layak, sekaligus memastikan jumlah kunjungan kapal roro akan memenuhi sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Kalau kapalnya yang sudah bagus, awaknya sudah bagus, pelabuhan sudah bagus, pasti itu membuat suatu layanan yang baik. Dan pada saat itu baik, pasti menjadikan suatu daya tarik tersendiri bagi Pulau Selayar. Oleh karenanya, Insya Allah dalam waktu dekat ini kita juga akan memperbaiki pelabuhan, semuanya menjadi lengkap dan Selayar menjadi contoh bagi pelayaran roro di seluruh Indonesia,” jelasnya.

Menhub juga mendoakan untuk peserta yang melakukan training baik untuk mendapatkan sertifikat pelaut, sertifikat untuk menjadi pengelola pelabuhan mendapat barokah dari Allah SWT, dan senantiasa menjadi makhluk Allah yang tunduk padaNya.

Usai memberikan pengarahan pada apel PNKJ, menhub kembali bertolak menuju Bandara H. Aroeppala, selanjutnya lepas landas menuju Bandara Internasional Halim Perdana Kusuma, Jakarta. Dari jadwal kunjungan kerjanya, sebelum bertolak ke Kabupaten Kepulauan Selayar, menhub telah berkunjung ke Ambon dengan agenda membuka Focus Group Discussion Management Komunikasi Pemerintah di era digital. (citizen reporter: Firman)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!