Dukung Ekonomi Syariah, Gubernur Canangkan Perizinan Halal – UPEKS
ANEKA

Dukung Ekonomi Syariah, Gubernur Canangkan Perizinan Halal

MAKASSAR, UPEKS.co.id–Gubernur Sulsel, Prof Nurdin Abdullah bakal mencanangkan perizinan halal. Ini upaya
memberikan stimulus terhadap pertumbuhan ekonomi syariah secara berkelanjutan.

Ia menjelaskan, tanah air menyiapkan segalanya. Sisa ditopang oleh investasi untuk menggerakkan ekonomi.  Sayangnya, pengurusan investasi masih berbelit-belit. Termasuk di Sulsel.

“Penyakit kita birokrasi itu terlalu panjang dan mahal (proses perizinan). Ini hambatan,” kata mantan Bupati  Bantaeng ini dalam sambutannya saat membuka acara Pekan Ekonomi Syariah yang dihelat Bank Indonesia di  Mal Ratu Indah Makassar, Jumat (14/09/18).

Prof Nurdin mengaku, untuk mengatasi itu akan dicanangkan perizinan halal. Selama 100 hari ke depan seluruh  proses perizinan menyangkut investasi akan dibenahi untuk memberi kepastian kepada calon investor.

“Kami hadir untuk melayani. Setelah 100 hari masih ada aparat kami yang menghambat harus ditinggalkan. Bukan  untuk dipelihara,” ujarnya.

Ia menjelaskan perizinan halal adalah seluruh prosesnya tidak ada lagi hambatan yang berorientasi pada pungutan  yang tidak jelas. Semua benar-benar menjunjung tinggi nilai kejujuran dan percepatan, sehingga disebut halal.

“Tugas pemerintah adalah tingkatkan daya beli. Caranya investasi harus masuk. Kuncinya di perizinan. Izin prinsip  saja berbulan bulan. Nanti harus setengah jam selesai. Kalau itu ada mudah action. Kita bisa urus yang lain,”  ujarnya.

Terkait ekonomi syariah, Prof Nurdin mengatakan, muslim terbesar ada di Indonesia. Dengan berbagai event  seperti Pekan Ekonomi Syariah, ia meyakini seluruh sektor sumber pertumbuhan ekonomi syariah akan bergerak  bersama.

“Semoga Pemda dan BI bisa berkolaborasi lebih besar ke depan. Juga memperbaiki kualitas produk-produk kita,  kemasan dan yang pasti harus keberlanjutan. Jangan hari ini ada (produknya) besok tidak ada. Hari ini kualitas  bagus, besok tidak,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Wawali Kota Makassar, Syamsu Rizal mengungkapkan, potensi ekonomi syariah wajib  dioptimalkan. Di Makassar, pihaknya konsentrasi mendorong halal food sejalan dengan branding Makassar yang  menyuguhkan wisata kuliner.

Hal itu diwujudkan melalui kerja sama dengan stakeholder terkait untuk memperluas cakupan sertifikasi halal.

“Sertifikasi halal khususnya makanan itu penting untuk memberikan jaminan. Kan tidak nyaman konsumsi yang  tidak sesuai dengan keyakinan kita,” ujarnya.

Ketua Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo) Sulsel, Kamaruddin Kammisi mengatakan, dengan melibatkan  mitra perbankan ini akan memberikan efek besar. Bisa jalan bersama menggerakkan ekonomi syariah.

Ia melanjutkan, kegiatan ini sejalan dengan upaya bank sentral meningkatkan literasi dan inklusi keuangan syariah. Ini dilaksanakan secara berkelanjutan. Untuk memperbaiki, hasil survei di 2016 dari 100 orang masyarakat Sulsel, yang tahu soal bank syariah hanya 6,18% di Sulsel. Sangat kecil sedangkan konvensional sudah diangka 28%,.

“Tapi, tingkat pemanfaatan alias inklusi sudah diangka 14 persen. Lebih tinggi dari nasional. Kenapa tinggi. Karena  banyak yang manfaatkan dari jemaah haji dan umrah. Jemaahnya di Sulsel kan banyak. Misal buka rekening kan  harus dari syariah,” sebutnya.

Kepala BI Sulsel, Bambang Kusmiarso mengatakan, antusiasme dan potensi pengembangan ekonomi syariah masih sangat tinggi. Makanya event ini dihelat kembali.

“Pada Fesyar tahun lalu masih banyak terkait sosialisasi dan komunikasi. Sekarang kita lebih banyak ke sektor riil.  Ingin membuat kendaraan besar tapi tidak ada penumpangnya. Percuma. Makanya harus berimbang. Makanya  kita dorong ke sektor riil,” tutur Bambang.

Secara bertahap, tambahnya, diharapkan pelaku sektor riil khususnya UMKM bisa menggarap pasar berskala internasional.  Ia menilai potensi pasar di luar masih sangat besar.

“Pasar di luar terbuka lebar. Desainer muda kita banyak berhasil ke sana. Ini yang harus dibesarkan,” kata  Bambang. (hry).

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!