Pemda Kolaka Harus Pertahankan WTP – UPEKS
SULBAR - SULTRA

Pemda Kolaka Harus Pertahankan WTP

KOLAKA, UPEKS.co.id–Anggota DPR-RI Komisi XI Haerul Saleh dengan penuh harapan agar Pemda Kolaka tetap mempertahankan Wajar Tanpa Pengecualian(WTP) dalam hal pelaporan tata kelola keauangan dengan baik sesuai koridor aturan tepat waktu.

“Dengan penuh harapan saya kepada Pemda Kolaka bisa tetap mempertahankan WTP yang sudah diraihnya tahun lalu,”ungkapnya kepada media ini di Aula Sasana Praja Pemda Kolala usai mengikuti acara Penyerahan Piagam Penghargaan Opini WTP dari Kementrian Keuangan RI dan Workshop Evaluasi Implementasi Sistim Tata Kelola Keuangan Desa dengan Aplikasi Siskeudes di Kabupaten Kolaka.

Dikatakannya Pemda Kolaka memiliki setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah(SKPD) sebagai teknik dalam pengelola keuangannya masing-masing, dan itu jelas aturannya.

Apalagi kata Haerul sebagai penanggungjawab langsung semua kepala SKPD adalah Bupati Kolaka. Supaya hal ini bisa berjalan dengan baik kata Haerul juga politisi Partai Gerindra berharap kepada Bupati Kolaka Safei agar bisa melakukan evaluasi berkala kepada setiap SKPD terkait pelaporan keuangannya.

“Idealnya pak bupati bisa melakukan evaluasi berkala kepada setiap SKPD terkait pelaporan keuangannya,” ujarnya.

Bahkan Haerul secara tegas meminta kepada Bupati Kolaka bilamana ada SKPD yang tidak komitmen dalam melakukan pelaporan keuangannya dengan baik, maka sebaiknya Bupati bertindak tegas memberikan sanksi kepada setiap Kepala SKPD yang tidak komitmen.

“Jadi bilamana ada kepala SKPD yang tidak komitmen dalam pengelolaan keuangan maka harus ada konsekuensi terhadap jabatannya,”pinta Haerul.

Menurutnya sebelum tim auditor BPK turun melakukan pemeriksaan kepada Pemda Kolaka, seharusnya sudah ada skema evaluasi.

“Jadi menurut saya sebaiknya Pemda Kolaka sudah harus ada skema evaluasi, sebelum tim auditor turun melakukan pemeriksaan. Fatalnya lagi ketika tim auditor BPK turun justru Kepala SKPDnya atau bendaharanya malah keluar daerah, ini kan tindakan yang mengecewakan bagi tim auditor,”kata Haerul.(pil)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!