Sulsel Kirim 200 Orang Kontingen Pesparani di Kota Ambon – UPEKS
NASIONAL

Sulsel Kirim 200 Orang Kontingen Pesparani di Kota Ambon

AMBON, Upeks.co.id–Untuk kesekian kalinya Provinsi Maluku tepatnya Kota Ambon meneguhkan dirinya menjadi tuan rumah Event Nasional Keagamaan, setelah pelaksanaan MTQ Tingkat Nasional tahun 2015, Pesparawi Tingkat Nasional juga ditahun yang sama, dan kini Pesparani Nasional di Tahun 2018.

Pelaksana pada Subbag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Prov. Sulsel Mawardy Siradj, melaporkan dari Kota Ambon menyebutkan, pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) tingkat Nasional untuk pertama kalinya digelar di Kota yang berjuluk The city of Muzic Ambon Manise.

Kegiatan ini merupakan aktifitas seni budaya masyarakat dan umat Katolik se Indonesia yang didalamnya berisi pergelaran musik liturgi, nyayian dan lomba lomba kerohanian lainnya.

Menurut Ketua kontingen Pesparani Sulsel Viany Octavius, SH, MH. Bahwa Pesparani ini bertujuan untuk memuliakan Tuhan dengan menyanyikan mazmur dalam upaya menggali dan mendayagunakan kekayaan seni dan budaya daerah sebagai unsur inkukturaai dalam musik liturgi.

Sementara itu, Pembimas Katolik Kanwil Kemenag Prov. Sulsel Antonius Untung Nugroho menyampaikan bahwa event Pesparani Ini diharapkan bisa meningkatkan persaudaraan, keharmonisan dan kerjasama internal umat katolik dan antar umat beragama lainnya serta sebagai sarana bagi umat katolik Indonesia untuk memberikan kontribusi bagi peningkatan kesadaran beragama , berbangsa dalam mewujudkan cita cita persatuan dan kesatuan NKRI dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika.

“Di Ajang Pesparani Nasional I tahun 2018 ini, Provinsi Sulawesi Selatan mengirim kontingen yang terdiri dari peserta official dan pelatih sekitar 200 orang. Dan akan mengikuti 7 jenis cabang lomba dari 12 Jenis yang dilombakan, mulai kategori dewasa, remaja dan anak-anak,” paparnya.

Cabang Lomba yang dipertandingkan adalah Paduan Suara Dewasa Campuran, Pria dan Wanita, Paduan Suara Gregorian Dewasa, Remana dan Anak-anak, Mazmur anak, remaja dan dewasa, Bertutur Kitab Suci anak-anak serta Cerdas cermat Rohani anak dan remaja.

Acara Pesparani ini rencananya akan Buka langsung oleh Presiden Jokowi dan dihadiri oleh Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin serta Keuskupan Agung Se Indonesia di malam ini (Sabtu, 27 Oktober 2018) di Lapangan Merdeka Kota Ambon dan akan dihadiri oleh puluhan ribu orang dari seluruh Indonesia dan masyarakat Kota Ambon, kota yang dijuluki sebagai Laboratorium Kerukunan Umat Beragama di Indonesia.

Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel H. Anwar Abubakar sangat respect dan mensupport kegiatan Pesparani ini, hal ini beliau buktikan dengan menghadiri langsung kegiatan ini, bahkan beliau memboyong serta sejumlah Kakankemenag Kab. Kota dan Pejabat di Kanwil Kemenag Sulsel.

“Kontingen Pesparawi dari sulsel sendiri Disupport langsung oleh Kanwil Kementerian Agama Sulsel , Pemprov Sulsel dan keuskupan Agung makassar serta sejumlah fihak swasta, dan sinergitas ini membuktikan bahwa kerukunan umat beragama di Sulsel terjalin sangat baik,”ungkapnya di sela-sela kunjungannya menyaksikan langsung latihan Peserta asal sulsel di Penginapan Cahaya Kota Ambon. (rls)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!