Pesparani, Sejarah Baru Umat Katolik Indonesia, Sulsel Optimis Juara – UPEKS
NASIONAL

Pesparani, Sejarah Baru Umat Katolik Indonesia, Sulsel Optimis Juara

AMBON, Upeks.co.id– Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin berharap helat Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) I Nasional 2018 yang digelar di Kota Ambon, Maluku, menjadi sejarah baru bagi umat Katolik di Indonesia. Menag juga berharap kegiatan yang baru pertama kali diselenggarakan ini dapat dilaksanakan secara reguler.

“Semoga ini adalah sejarah baru khususnya bagi umat Katolik. Kemudian bagaimana secara reguler kegiatan Pesparani bisa digelar di tempat lain,” tutur Menag Lukman usai menghadiri pembukaan Pesparani, di Lapangan Merdeka, Kota Ambon,  pada Sabtu (27/10) malam.

Menag bersyukur pembukaan Pesparani berjalan sukses dan lancar. Menag berharap kegiatan Pesparani menjadi wadah umat Katolik, khususnya generasi muda untuk dapat mendalami ajaran Katolik. “Tentunya dengan cara yang senang, lewat pesta paduan suara,” ujar Menag yang didampingi Trisna Willy Lukman Hakim.

Pesparani yang digelar di City of Music Ambon Manise lanjut Menag juga menjadi simbol bahwa Kota Ambon sebagai bentuk harmoni. Banyak umat beragama di Pulau Maluku, tetapi bisa hidup bersama dalam kerukunan dan kedamaian. “Mudah-mudahan ini bisa menyebar di banyak kota di tanah air,” harap Menag.

Pesparani kali pertama ini mengusung tema Bersatu Dalam Keberagaman Wujudkan Persaudaraan Sejati dari Maluku untuk Indonesia. Pesparani I Nasional kali ini mempertandingkan 12 cabang lomba, meliputi :  paduan suara dewasa campuran, paduan suara dewasa pria, paduan suara dewasa wanita, paduan suara gregorian dewasa, paduan suara gregorian anak dan remaja, paduan suara anak, pemazmur anak, pemazmur remaja, pemazmur dewasa dan terakhir bertutur kitab suci.

Menteri ESDM Ignasius Jonan, mewakili Presiden RI membuka gelaran Pesparani Nasional I. Ribuan umat Katolik dan kontingen yang berasal dari 34 provinsi menghadiri gelaran gawai akbar umat Katolik yang akan berlangsung mulai 27 Oktober – 2 November 2018.

Tampak hadir dalam pembukaan, Dirjen Katolik, Dirjen Bimas Kristen, Dirjen Bimas Islam, Kepala Biro Ortala, Kepala Biro Perencanaan, Kepala Biro Keuangan, Sesitjen, Kabag TU Pimpinan serta sejumlah Kepala Kanwil Kemenag dari berbagai provinsi, termasuk Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel beserta sejumlah jajarannya dimana terdapat 200 orang peserta yg menjadi kontingen Sulsel di Ajang ini.

H. Anwar Abubakar sendiri optimis peserta Sulsel akan memperoleh juara di sejumlah cabang lomba, meskipun pesparani pertama ini Sulsel hanya mengikuti 7 jenis lomba dari 12 jenis yg dilombakan.(rls)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!