Wabup Kepulauan Selayar Pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 Tahun 2018  – UPEKS
CITIZEN REPORTER

Wabup Kepulauan Selayar Pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 Tahun 2018 

SELAYAR, Upeks.co.id- Wakil Bupati Kepulauan Selayar Dr. H. Zainuddin, S.H., M.H., bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 Tahun 2018, di Lapangan Upacara Kantor Bupati Kepulauan Selayar, Senin (29/10/2018) pagi.

Upacara yang berlangsung sekitar pukul 08.00 Wita, diikuti oleh jajaran PNS dan non PNS Lingkup Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar, siswa sekolah tingkat SD, SLTP, dan SLTA. Juga dihadiri oleh unsur Forkopimda, pimpinan OPD, Ketua Kwarcab Pramuka H. Saiful Arif, Ketua KNPI Selayar Dian Ady Luhur, PMI, bersama organisasi kepemudaan dan undangan lainnya.

Tema Hari Sumpah Pemuda Tahun 2018 ini adalah “Bangun Pemuda Satukan Indonesia”.

Sementara Wakil Bupati Kepulauan Selayar Dr. H. Zainuddin, S.H., M.H., membacakan pidato seragam Menteri Pemuda dan Olahraga RI mengatakan bahwa tema tersebut diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik INdonesia Tahun 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing”, Kata Zainuddin.

Namun pada sisi yang lain, Lanjut Wakil Bupati, bahwa perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari hoax, hate speech, pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya, apabila kaum muda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan serta kedewasaan dalam berbangsa dan bernegara.

Masih membacakan pidato seragam Menteri Pemuda dan Olahraga RI, disebut ciri pemuda yang maju adalah pemuda berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing. Oleh karena itu Revolusi mental harus dapat kita jadikan sebagi pemicu untuk mempercepat terwujudnya pemuda yang maju. Dengan mewujudkan pemuda yang maju berarti kita dapat menghasilkan bangsa yang hebat.

Dikatakan kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

“Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad, dan cita-cita, pengorbananmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia,” seru Wakil Bupati.

Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 tingkat Kabupaten Kepulauan Selayar ini, terpantau berjalan dengan lancar dan sukses. (citizen Reporter: Firman)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!