Hal Berikut, Bisa Ancam Elektabilitas Caleg Incumbent – UPEKS
ANEKA

Hal Berikut, Bisa Ancam Elektabilitas Caleg Incumbent


MAKASSAR, UPEKS.co.id— Calon legislatif (caleg) berstatus incumbent memang sangat diuntungkan di perhelatan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019. Di samping telah memiliki jejaring dan konstituen yang sudah dibangun pada periode sebelumnya.

Caleg incumbent juga diuntungkan kerja-kerja penyerapan aspirasi di masyarakat saat jadi legislator. Maka mereka lebih dikenal oleh masyarakat ketimbang caleg pendatang baru.

Meskipun punya kegunggulan, namun bukan berarti jalan untuk caleg incumbent terpilih lagi bisa mulus. Konsultan politik dari Jaringan Suara Indonesia (JSI), Nursandy mengatakan, ada beberapa hal yang bisa mengancam keterpilihan atau elektabilitas incumbent.

Salah satunya, jika brand dari partai politik yang dikendarainya mulai meredup. Elektabilitas caleg incumbent juga bisa terancam jika selama jadi legislator tidak mampu menunjukkan kinerja yang baik sebagai wakil rakyat.

“Beberapa hal yang bisa mengancam keterpilihan Caleg incumbent. Pertama, jika tak mampu merawat basis konstituennya. Kedua, tak mampu menunjukkan kinerja sebagai wakil rakyat. Ketiga, hadirnya penantang yang kuat secara figuritas dan finansial serta mampu membawa narasi perubahan. Keempat, tersandung kasus hukum dan terakhir, brand partai yang mulai redup,” ujar Sandy, sapaan akrabnya.

Tentu, ancaman tersebut membuat incumbent punya peluang untuk dikalahkan oleh caleg pendatang baru. Agar dapat menyaingi caleg incumbent, caleg pendatang baru tentu perlu melakukan berbagai upaya. Di antaranya kata Sandy, pendatang baru harus intens
melakukan tatap muka dengan warga pemilih.

“Caleg pendatang baru perlu membangun tim yang solid, pemetaan wilayah intervensi yang tepat, menciptakan diferensiasi dari sisi
campaign dan menjalankan program yang efektif, serta pengelolaan isu yang baik,” tandasnya. (mg3)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!